Pemkab Bangka Raih Dua Penghargaan dari Mendagri

* Haris: Pendorong Utama Kemajuan Daerah

JAKARTA, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka mendapatkan dua penghargaan sekaligus dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI.

Kedua penghargaan tersebut yakni sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia dan Kabupaten terinovatif terbaik ke-1 tingkat Regional Sumatera.

Penganugrahan penghargaan tersebut diserahkan pada acara Innovative Government Award (IGA) dan diterima langsung oleh PJ Bupati Bangka M. Haris di gedung C lantai 3 Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Selasa (12/12/2023).

Penganugrahan IGA ini bertujuan untuk menghargai dan merayakan inovasi dalam pelayanan publik yang telah diterapkan oleh pemerintah.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negri RI, Muhammad Tito Karnavian menyampaikan, tujuan dari penganugrahan ini dan mengundang seluruh peserta untuk bersama-sama merayakan keberhasilan inovasi di sektor pemerintahan.

“Hasil dari acara ini mencerminkan komitmen pemerintah dalam mendorong inovasi di sektor publik. Peserta diharapkan dapat menginspirasi pemerintah daerah lainnya untuk mengadopsi praktik terbaik yang telah diperoleh melalui penganugrahan ini,” kata Tito Karnavian.

Ia juga berharap penganugrahan IGA menjadi momentum penting untuk merayakan dan mengakui upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas layanan publik melalui inovasi.

“Acara ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi pemerintah dan instansi lain untuk terus berinovasi demi kemajuan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Bangka M Haris menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk seluruh jajaran dan para pemangku pembangunan.

“Penghargaan ini tidak hanya sebatas bentuk prestise, tetapi juga sebagai model kongkrit bahwa inovasi menjadi pendorong utama bagi kemajuan daerah. Bangka telah menjadi salah satu episentrum daerah dalam keberhasilan mengadopsi dan mempraktikkan inovasi berdampak yang menciptakan perubahan positif,” kata Haris.

Haris menambahkan, penghargaan ini sekaligus menjadi momentum bagi pemerintah daerah untuk terus bergerak ke depan dan mewujudkan visi pembangunan lebih inklusif dan berkelanjutan.

“Kami mengajak seluruh masyarakat menghasilkan inovasi-inovasi untuk mendorong efisiensi, produktivitas, daya saing ekonomi dan peningkatan kualitas hidup,” tukasnya.

Kabupaten Bangka satu-satunya kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mendapatkan penghargaan kategori kabupaten/kota terinovatif di Indonesia. Penghargaan yang sama juga diterima oleh Kabupaten Bangka pada tahun 2022 sebagai Kabupaten sangat inovatif dan pada tahun 2021 sebagai kabupaten terinovatif se- Indonesia. (*/mah)