Antisipasi Banjir, Kodim 0432/Basel Gelar Karya Bhakti Pembersihan Saluran Air

TOBOALI, LASPELA – Kodim 0432/Bangka Selatan menggelar Karya Bakti TNI dan masyarakat setempat dengan sasaran pembersihan saluran air (selokan) di sisi jalan kampung Rawa Bangun dan Kampung Ketapang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (9/12/2023).

Komandan Kodim 0432/Basel Letkol Inf Gani Rachman memimpin jalannya Karya Bakti TNI tersebut dengan melibatkan 250 personel gabungan.

Gani mengatakan, sasaran karya bhakti tersebut yakni pembersihan saluran air yang berada di kampung rawa bangun kelurahan Toboali dan kampung Ketapang kelurahan Tanjung Ketapang, kecamatan Toboali, Bangka Selatan.

“Karya bhakti pengerukan saluran air (parit) tersebut dilakukan dikarenakan saluran air tersebut sudah dangkal dan untuk mengantisipasi adanya bahaya luapan air pada saat musim penghujan di karena lokasi tersebut rawan banjir pada saat musim penghujan,” katanya.

Ia menyebutkan, saluran air tersebut sepanjang musim kemarau ini tampak mengalami pendangkalan dan ditumbuhi rerumputan liar, sehingga sangat mengganggu pandangan mata dan terlihat kumuh.

“Karena hal itu kodim 0432/Basel melakukan upaya pembersihan dengan melibatkan Polri, serta Instansi terkait Pemkab Basel dan dibantu oleh masyarakat setempat,” ujarnya.

Menurut Gani, kegiatan karya bakti TNI tersebut merupakan salah satu serbuan teritorial yang mana kegiatan tersebut sudah dulaksanakan selama dua hari kemaren dan kali ini puncak dari kegiatan serbuan teritorial.

“TNI selalu bersatu dengan masyarakat dan siap membantu bagi yang membutuhkan, dengan kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu sarana komunikasi sosial secara langsung dan lebih efektif antara TNI dengan Rakyat,” ujarnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi yang telah mendukung kegiatan karya bhakti selama 3 hari ini.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua elemen dan Stakeholder yang ikut berpartisipasi, semoga apa yang kita laksanakan bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Toboali dan juga bisa mengembalikan sifat gotong royong yang telah pudar selama ini,” ucapnya.

Senada, Bupati Basel melalui Sekda Basel, Hefi Nuranda juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kodim Basel yang ikut peduli dengan keadaan lingkungan.

“Jadi kegiatan karya bakti yang diinisiator oleh Dandim dalam rangka untuk pencegahan banjir dan pencegahan penyakit seperti kita tahu bersama bahwa musim penghujan ini mungkin banyak selokan-selokan atau saluran yang mampet karena sampah jadi hari ini kita targetnya salah satunya terkait pembersihan sampah yang ada di selokan-selokan,” katanya.

“Jadi tugas kita salah satunya semaksimal mungkin sampah-sampah yang ada di saluran bisa dibersihkan, kegiatan yang digagas bapak Dandim ini dilaksanakan mulai dari pasar Toboali, penanaman pohon hingga puncaknya hari ini pembersihan saluran air,” sebutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plh Sekda Basel, Hefi Nuranda, Asisten I Pemerintah kesra Sumindar, Kasdim 0432/Basel Mayor Frengky Triwibowo, Jaksa Fungsional Bidang Pidsus Muhammad Aulia ibrahim,SH, Kasat Polairud Sadai IPTU Eddy Suaidi, Lurah Toboali Susanto, Lurah Tanjung Ketapang, Ketua Persit KCK Cabang LVI Anita Gani Rachman dan Personel Gabungan TNI, Polri serta Instansi Pemerintah Kabupaten Basel. (pra)