HUT Kodam ke-78, Kodim 0432/Basel Libatkan Forkopimda Bersih Sampah di Pasar Terminal Toboali

TOBOALI, LASPELA – Kodim 0432/Bangka Selatan (Basel) menggelar kegiatan pembersihan pasar dan pembagian sembako di Pasar Terminal Toboali dalam rangka HUT ke-78 Kodam II/Sriwijaya, Kamis (7/12/2023).

Tampak sebelum memulai kegiatan pembersihan pasar tersebut, Dandim 0432/Bangka Selatan, Letkol Inf Gani Rahman memberikan arahan langsung kepada personil dan petugas dari dinas Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan.

Pada kesempatan itu, Letkol Inf Gani Rahman mengatakan bersih-bersih ini di titikkan di saluran-saluran air pembuangan guna mencegah terjadinya banjir.

“Bersih-bersih ini dilakukan bagian dalam dan saluran-saluran air yang ada di pembuangan pasar terminal Toboali ini,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan ini akan dilakukan secara berkelanjutan seperti kegiatan penanaman pohon dan juga akan melakukan pembersihan lagi di tempat yang rawan banjir.

“Tujuan bersih pasar hari ini yakni agar lingkungan pasar menjadi bersih serta menanamkan rasa gotong royong kepada masyarakat,” ujar.

Ia mengklaim, sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 10 ton.

” Alhamdulillah sampah yang berhasil dikumpulkan dari kegiatan bersih pasar ini yakni hampir 10 ton sampah,” ungkapnya.

Sementara, Ketua DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi menyambut baik sekali apa yang dilakukan oleh Kodim 0432/Bangka Selatan terkait pembersihan pasar terminal Toboali.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi yang baik sekali, sehingga kebersihan memang itu dimulai dari pasar, karena pasar ini merupakan tempat transaksi perdagangan dari yang bersih sampai yang kotor ada di Pasar ini, sehingga kalau Pasar bersih dan higienis hidup kita akan terjamin dari kesehatannya,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Bangka Selatan, Wakapolres Bangka Selatan, Perwakilan Kejari Bangka Selatan,Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Selatan, Lurah Toboali, Lurah Teladan, Lurah Tanjung Ketapang dan yang lainnya. (pra)