Kabupaten Bangka Tengah Raih Predikat Swasti Saba Padapa Kemenkes RI

JAKARTA, LASPELA – Kabupaten Bangka Tengah kembali mengukir prestasi bergengsi tingkat nasional. Kali ini, Negeri Selawang Segantang menerima penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023 kategori Padapa yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, bertempat di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023).

Tahun 2023 ini merupakan kali kedua Kabupaten Bangka Tengah menerima penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat di kategori Padapa. Sebelumnya, penghargaan serupa diraih pada Tahun 2019.

Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro yang mewakili Menteri Dalam Negeri mengatakan, penghargaan Swasti Saba merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang sudah berdedikasi dalam menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005.

“Penyelenggaraan kabupaten/kota sehat merupakan kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif,” kata Suhajar.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, berbagai masalah kesehatan harus diatasi dengan serius dan melibatkan semua stakeholder.

“Penghargaan ini untuk menciptakan lingkungan yang sehat agar masyarakat terhindar dari penyakit menular dan tidak menular,” kata Budi.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mewakili Wakil Presiden RI menyampaikan apresiasi atas diterimanya penghargaan Swasti Saba dan STBM tahun 2023 kepada Pemerintah Daerah.

“Pemerintah Daerah memiliki tanggung jawab yang lebih dalam penanganan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat agar kedepannya semua wilayah Kabupaten/Kota se-Indonesia bisa mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan merata kepada semua kalangan masyarakat,” kata Muhadjir.

Wakil Bupati Bangka Tengah, Era Susanto menyampaikan rasa syukurnya atas Penghargaan Swasti Saba Kategori Padapa yang diraih Kabupaten Bangka Tengah.

“Alhamdulillah, pencapaian ini juga berkat dukungan seluruh masyarakat. Ke depannya, banyak hal yang harus dibenahi, karena itu saya mengajak untuk terus menjaga dan meningkatkan pola hidup sehat dan bersih,” katanya.

“Semoga tahun-tahun berikutnya kita lebih meningkatkan kinerja kita yang didukung oleh PD agar lebih baik lagi,” pungkasnya. (jon)