Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Lingkungan Nelayan 1 Dicanangkan Jadi Kampung Bahari Nusantara

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI Angkatan Laut (AL) Lanal Bangka Belitung (Babel) di Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat diresmikan, Senin (4/12/2023).

Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Staf Ahli Bupati Bangka, Restunemi didampingi Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Babel Mayor Laut (P) Hariyanto Wibowo.

Palaksa Lanal Babel, Hariyanto Wibowo mengatakan, tujuan dicanangkannya KBN ini untuk mensukseskan program ketahanan pangan pemerintah serta mengimplementasikan kegiatan pembinaan TNI AL kepada masyarakat pesisir yang berkaitan dengan potensi maritim.

“KBN ini merupakan salah satu perwujudan tugas TNI AL dimanapun bertugas, dituntut mampu berkontribusi aktif membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan, menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan daerah,” kata Hariyanto.

Selain itu, kata dia, juga meningkatkan kemanunggalan TNI AL bersama rakyat untuk kepentingan negara, sehingga diharapkan terciptanya masyarakat maritim yang cinta dan melestarikan laut daerahnya.

“KBN ini juga bentuk nyata realisasi perintah pimpinan TNI AL untuk membentuk sebuah kampung/desa para nelayan yang dapat dikembangkan sebagai kampung utama yang mandiri, berkonsep maritim dengan tujuan kesejahteraan para nelayan,” ujarnya.

Sementar itu, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Politik dan Pemerintahan, Restunemi mengatakan, dengan diresmikannya KBN ini, diharapkan dapat menjadi salah satu arti penting meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

“Pemkab Bangka sangat berharap sekali Kampung Natak ini, karena selain bisa meningkatkan ekonomi masyarakat maritim, juga menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten Bangka,” kata Restunemi.

Pemerintah pusat maupun daerah, kata Restunemi sangat konsen membangun wilayah pesisir agar masyarakat di sekitar mendapat sentuhan dan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat di sekitarnya. (mah)