Personel Terbatas, Panwascam Butuh Peran Masyarakat Awasi Kampanye

SUNGAILIAT, LASPELA — Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemali menyebut bahwa peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengawasi jalannya kampanye.

“Anggota kita hanya tiga orang setiap kecamatan, dan masing-masing desa ada satu orang, untuk berbagi tugas saja kadang repot. Itulah peran serta masyarakat sangat penting di sini,” kata Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, Hubungan Masyarakat (HP2H) Panwas Kecamatan Pemali, Hairul, Sabtu (2/11/2023).

Di Kecamatan Pemali, kata Hairul, terdapat enam desa, dengan konsekuensi dimana setiap partai politik (parpol) atau calon legislatif (caleg) yang melakukan kampanye, pihaknya diwajibkan hadir.

“Terkadang memang yang namanya kampanye ini pasti ada saja celahnya. Sedangkan kita hanya satu orang, sangat diharapkan mereka yang hadir saat itu juga sama-sama mengawas,” harapnya.

Karena menurutnya, pengawasan ini bukan hanya tugas dari Bawaslu maupun Panwaslu, tetapi semua pihak bisa mengawasi, termasuk media massa.

Sementara itu, salah satu warga Gang Singkep Air Ruay Irwansyah mengakui, hingga sekarang dirinya belum menemukan salah satu Parpol ataupun Caleg yang melakukan kampanye di wilayahnya.

“Belum ada ya sampai sekarang, tapi gak tahu juga kalau mereka kampanye langsung kerumah-rumah warga. Intinya kita terima saja kalau ada yang mau kampanye, tetapi jangan melabrak aturan,” katanya. (mah)