Perekonomian Belum Optimal dan SDM Jadi Isu Strategis yang Dibahas dalam RPJPD

PANGKALPINANG, LASPELA – Dalam Rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2024-2045 Kota Pangkalpinang ada beberapa permasalahan dan isu yang menjadi fokus pembangunan, baik terkait sumber daya manusia (SDM), perekonomian hingga pelayanan publik.

Kepala Bappeda dan Litbang Kota Pangkalpinang, Yan Rizana mengatakan permasalahan ini berdasarkan hasil kuisioner diantaranya belum optimalnya perekonomian rakyat, belum optimalnya kompetensi SDM, kerusakan lingkungan, belum optimalnya ketersediaan sarana prasarana perkotaan dan kemiskinan.

Tak hanya itu, untuk isu strategis adalah terkait kualitas sumber daya manusia, transformasi ekonomi berkelanjutan, pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi, revolusi mental dan budaya, perubahan iklim dan lingkungan hidup.

“Ada beberapa isu pembangunan jangka panjang, transformasi ekonomi berkelanjutan, bonus demografi dan implementasinya dalam akselerasi pembangunan, pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan berbasis tekonologi informasi dan komunikasi, potensj tergerusnya kebudayaan lokal, stabilitas ketahanan pangan,” ujarnya, Rabu (29/11/2023).

Rizana menambahkan, visi dan misi arah kebijakan sasaran pokok telah ditetapkan, mengalami perubahan dari visi misi RPJPD sebelumnya.

Ia menyebutkan, untuk misi ada beberapa yang difokuskan diantaranya mewujudkan transformasi sosial, mewujudkan transformasi ekonomi, mewujudkan transformasi tata kelola, memantapkan supremasi hukum, stabilitas, dan ketangguhan diplomasi, memantapkan ketahanan sosial budaya dan ekologi. Mewujudkan pembangunan kewilayahan yang merata dan berkeadilan, mewujudkan sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan dan mewujudkan kesinambungan pembangunan.

Sementara perbandingan Visi RPJPD sebelumnya meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pembangunan yang berbasis perdagangan dan jasa dengan dukungan industri unggulan menjadi visi RPJPD 2025-2045 Pangkalpinang kota metropolis yang berkelas, berbudaya, kreatif, lestari, aman dan sejahtera. (dnd)