Bambang Patijaya Puji Eksistensi ‘Persaudaraan Bangka Bersatu’ Bantu Sesama

BANGKA, LASPELA – Tahun ini, Persaudaraan Bangka Bersatu atau PBB menginjak usia 7 tahun. Organisasi sosial kemasyarakatan ini konsisten dalam membantu sesama warga Bangka.

Dihadiri tamu, undangan, dan ribuan anggotanya yang sebagian besar adalah orang Bangka perantauan, ulang tahun ke-7 PBB dirayakan pada Minggu, 26 November 2023 di Pantai Tikus Emas, Sungailiat, Bangka.

Ketua Umum PBB, Candra Prawira mengatakan organisasi yang diinisiasi sejumlah pendiri ini bergerak untuk mewujudkan persatuan dan membangkitkan kepedulian sosial sesama orang Bangka. Saat ini anggotanya berjumlah 2.323 orang yang tersebar di beberapa kabupaten kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bekasi dan Tangerang.

“Awalnya kami yang perantauan tinggal di Jakarta ada saudara dari Bangka yang mendapat musibah. Jadi kami bersama sama orang Bangka disana berinisiatif membantu, dari sini lah mulai tergerak untuk membantuk wadah ini,” jelas Candra Prawira.

Eksistensi PBB hingga saat ini terus berkembang dan bergerak meliputi program pelayanan seperti ekonomi, kesehatan, pendidikan, kematian, Apa dan Ame Asuh hingga aksi peduli sesama.

Anggota DPR RI Bambang Patijaya yang tercatat sebagai pemilik keanggotaan PBB nomor 903, mengapresiasi keberadaan PBB dengan berbagai program sosial dan kepedulian membantu sesama, khususnya masyarakat Bangka yang kurang beruntung.

“Saya merasa cara membangun organisasinya sehat dan juga cara ruang juga sangat baik. Saya berharap PBB kiprahnya terus eksis sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” kata Bambang Patijaya.

Menurut Bambang, menyejahterakan masyarakat tidak cukup hanya mengandalkan peran pemerintah saja. Namun, partisipasi masyarakat sangat jauh lebih penting sehingga dapat mengatasi program kesejahteraan dengan bahu membahu.

“PBB berpartisipasi dalam memberikan perhatian, membantu masyarakat yang tidak mampu, baik yang ada di Jabodetabek maupun yang ada di Bangka. Tanpa memandang suku, agama, dan ras. yang penting dia dari Bangka, Thong ngin fan ngin jitjong. Hal seperti ini yang harus dijaga. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berkembang dan menjadi kegiatan sosial yang terus bermanfaat, khususnya bagi yang kurang mampu,” tuturnya.

Perayaan ulang tahun ke-7 PBB dimeriahkan oleh penampilan Yendri Huddami, Rani, Vera Wong, dan Chin Kwet Chun. (*)