Gelar Apel Siaga, Bawaslu dan Panwas Siap Awasi Pemilu 2024

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu tahun 2024 di halaman GOR Sahabuddin, Pangkalpinang, Kamis (23/11/2023).

Apel Siaga diikuti sebanyak 300 orang terdiri dari Bawaslu Provinsi Bangka Belitung (Babel), 7 Kabupaten/ Kota, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Babel, serta perwakilan PKD Kota Pangkalpinang.

Ketua Bawaslu Babel EM Osykar mengatakan apel ini tujuannya untuk memastikan seluruh Pengawas Pemilu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap melaksanakan Pemilu tahun 2024.
Sehingga dalam kesiapan dari pengawas Pemilu ini, pihaknya sudah melakukan bimbingan teknis kepada pengawas Pemilu.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang diberikan kepada Bawaslu Provinsi Bangka Belitung. Dukungan ini kami maknai sebagai wujud bahwa kita bersinergi. Kami yakin ke depan hingga berakhirnya Pemilu Tahun 2024 semua pihak memiliki kepentingan yang sama yaitu menjaga Babel agar terus aman dan damai,” kata EM Osykar.

Ia juga mengimbau kepada seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung, jangan berhenti untuk melakukan konsolidasi internal dan membangun komunikasi ke pihak luar dengan baik. Yang tak kalah penting, jangan takut dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas, karena kita melaksanakan perintah berdasarkan Undang-Undang bukan berdasarkan yang lain.

“Kita bersama-sama memiliki tanggung jawab untuk menjaga suara-suara rakyat, agar tidak terdistorsi oleh kepentingan-kepentingan yang tidak sejalan dengan semangat demokrasi. Dan berjuang agar suara rakyat menjadi kekuatan yang legitimate berdasarkan pilihan rakyat itu sendiri,” ucapnya.

EM Osykar juga berpesan kepada pengawas pemilu, bahwa rakyat yang diwakili, janganlah menjadi korban pelanggaran Pemilu. Melalui pengawasan dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, ia mengajak bersama-sama menjadikan Pemilu ini sebagai cermin demokrasi yang sejati.

“Pemilu yang bukan hanya sekadar ritual, tetapi momen sakral dimana rakyat memilih pemimpin yang akan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

“Marilah menjadi penjaga api suci demokrasi, dan bersama-sama kita yakinkan bahwa suara rakyat adalah suara yang didengar dan dihargai. Dengan semangat perjuangan dan kebersamaan, Babel Siap Awasi Pemilu. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kita semua kekuatan dan kesehatan serta mempermudah langkah dalam mengawal Pemilu Tahun 2024 yang aman dan damai,” tutupnya.(chu)