Bawaslu Endus Keterlibatan Oknum ASN dan Honorer Pemprov pada Kegiatan Parpol

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengendus adanya dugaan keterlibatan oknum aparatur sipil negara (ASN) dan oknum honorer Pemerintah Provinsi Babel dalam kegiatan partai politik khususnya kunjungan calon wakil presiden ke Kota Pangkalpinang, beberapa waktu lalu.

Ketua Bawaslu Babel EM Osykar menyebutkan ada beberapa informasi yang sampai saat ini masih ditelusuri. Selain persoalan ini, tidak gugatan dan temuan terkait DCT baik itu di Kabupaten/ Kota.

Dia menyebutkan, adapun informasi tersebut yakni dari hasil pantauan di lapangan ada oknum ASN pada waktu kunjungan Cawapres yang lalu ikut menunggu dan aktif menjumpai salah satu ketua DPD partai politik. Dan sekarang masih menunggu informasi dari kepala BKD terkait identitas oknum tersebut.

“Ada dua oknum Honorer dan satu ASN yang ikut pada kegiatan kunjungan salah satu Cawapres kemarin. Kalau disebut mau sholat ke masjid, masa pakai celana pendek, gaul lagi,” jelas EM Osykar usai memimpin Apel Siaga Pengawasan Pemilu tahun 2024 di GOR Sahabuddin, Pangkalpinang Kamis (23/11/2023).

Atas temuan ini, pihaknya telah melaporkan ke BKPSDM, tetapi belum ada jawaban atau tanggapan dsrh BKPSDM.

“Kami sudah melaporkan ke Kepala Dinas BKPSDM Ibu Susanti terkait permasalahan adanya oknum ASN dan honorer yang ikut kegiatan di Masjid Jamik kemarin, sampai saat ini belum ada balasannya,” cetusnya.

Osykar mengatakan, yang sangat penting saat ini adalah netralitas ASN dan TNI/Polri, tetapi yang menjadi fokusnya saat ini keterlibatan ASN pada salah satu kegiatan partai politik masih tahap penelurusan.

“Kami akan melakukan pendekatan ke pejabat pembina kepegawaian untuk melaporkan hasil temuan atau pelanggaran di lapangan, dan sementara ini tanggapan dari mereka sangat bagus,” ungkapnya.

Selain itu, Osykar juga mengimbau kepada pengawas untuk tetap menjaga integritas dan netralitas dalam penyelenggaraan pemilu mendatang.

“Dalam lengawasan juga jangan sampai kita terindikasi karena asumsi masyarakat masih ada yang salah menilai. Jadi kita imbau kepada pengawas tetap menjaga integritas dan kewarasan dalam melakukan tugas wewenang serta fungsi pengawasan serta mencermati,” tuturnya.

Untuk itu melalui Apel Siaga Pengawasan Pemilu tahun 2024 digelar ini dan diikuti seluruh pimpinan dan anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel, tujuh kabupaten/kota, seluruh panwascam se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan komitmen dalam senantiasa untuk menjaga setiap tahapan agar Pesta Demokrasi nanti berjalan dengan lancar, aman dan jujur.(chu)