Usia 23 Tahun Provinsi Babel, Pj Gubernur akan Manfaatkan Potensi Kekayaan Alam untuk Kemajuan Masyarakat

 

TOBOALI, LASPELA – Malam resepsi HUT ke 23 Provinsi Bangka Belitung (Babel) di Balai Wisata Himpang Lime Toboali, Selasa (21/11/2023) malam berjalan meriah.

Terlihat masyarakat yang memadati Himpang Lime Toboali sangat antusias dan terhibur menikmati seluruh rangkaian acara tersebut.

Tampak hadir Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. Safrizal Zakaria Ali, bersama Istri dan seluruh Kepala OPD Pemprov Babel, Bupati/Walikota se-Provinsi Babel, Forkopimda Provinsi dan Forkopimda Kabupaten/Kota se-Provinsi Babel, Presidium Pembentukan Provinsi Babel dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bangka Selatan.

Pj Gubernur Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali mengapresiasi kegiatan perayaan HUT ke 23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) di Balai Wisata Himpang Lime Toboali.

“Saya seminggu terakhir mengikuti berbagai kegiatan dan perlombaan yang sifatnya olahraga dan prestasi tingkat desa dalam rangka perayaan ini dan termasuk puncak perayaan dipusatkan di Bangka Selatan,” kata Safrizal, Selasa malam.

Ia mengucapkan terima kasih kepada presidium Babel yang ikut hadir dalam perayaan HUT Babel di Toboali. Selain itu, masyarakat Toboali sangat antusias memeriahkan malam perayaan HUT ke 23 Provinsi Babel.

“Antusias masyarakat terlihat dan dihadiri ratusan presidium Pembentukan Provinsi Bangka Belitung,” ujarnya.

Menurut mantan Pj Gubernur Kalimantan Selatan ini, Presidium Babel terus mengawal pembangunan dan kebijakan baik di legislatif maupun di eksekutif guna kepentingan masyarakat luas.

“Sampai hari ini setelah 23 tahun, presidium terus mengikuti perkembangan perjalanan Provinsi Bangka Belitung sekaligus mengawal agar searah dan satu rel dengan cita-cita mereka dan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, di usia Provinsi Babel ke 23 masih banyak PR yang harus dilakukan dan dituntaskan.

“Banyak potensi di Provinsi Bangka Belitung ini dapat dikembangkan. Kita tidak boleh puas dengan pencapaian 23 tahun ini, karena daerah lain juga terus berkembang dan kita juga harus berkembang,” sebutnya.

Untuk itu, ia berharap pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dapat memanfaatkan keunggulan yang ada di Provinsi Babel, baik kompetitif maupun komperatif.

“Kita harus memanfaatkan keunggulan kompetitif kita dibandingkan yang lain tapi sekaligus keunggulan komperatif kita,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk keunggulan komperatif di Babel yakni terdapat kekayaan bawah tanah maupun di atas tanah.

“Yang di bawah tanah dengan berbagai macam kekayaan berbagai jenis mineral dan di atas tanah dengan alam yang begitu cantiknya. Dan keduanya ini kita akan maksimalkan dari bawah tanah dan di atas tanah,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menyampaikan bahwa acara seremonial kali ini adalah untuk mengingat bagaimana perjuangan para presidium terhadap berdirinya dan terbentuknya Provinsi Babel. Ia pun meminta seluruh masyarakat untuk menghormati proses perjuangan presidium.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perjuangan para presidium, berkat kalian kami bisa menikmati dan mengisi kemerdekaan ini. Kami-kami yang muda ini hanya pengisi kemerdekaannya, untuk itu kami akan mencoba terus berbuat yang terbaik untuk Prov. Kep. Babel dan kami akan mulai dari Bangka Selatan. Semoga perjuangan bapak-bapak dan rekan-rekan Presidium bisa kami teruskan sehingga membuahkan hasil kemakmuran Provinsi Babel,” ujarnya.

Riza mengatakan, dirinya beserta jajaran di Pemkab Basel akan menjadi garda terdepan membantu tugas Pj Gubernur dalam membangun Provinsi Babel, selama kebijakannya pro masyarakat Babel.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan akan berada di garda terdepan membantu tugas pak Gubernur dalam membangun Provinsi Babel sehingga bisa terus mengembangkan potensi yang ada di Bangka Selatan dan kami juga siap menerima arahan dari Bapak Pj Gubernur selama kebijakan adalah pro untuk masyarakat Bangka Belitung,” pungkasnya.

Diakhir acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng Peringatan Hari Jadi ke 23 Provinsi Babel dan dilanjutkan dengan acara hiburan yang diisi dengan penampilan Yendri KDI. (pra)