Deklarasi Pemilu Damai, Pj Wali Kota Ingatkan Netralitas ASN

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan, menandatangani deklarasi Pemilu Damai bersama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kapolres Pangkalpinang, Kepala Kejaksaan Negeri Pangkalpinang, Dandim 0413/Bangka dan Partai Politik Peserta Pemilu di Ballroom Hotel Grand Safran, Selasa (21/11/2023).

Lusje mengatakan tahun 2024 akan menjadi tahun penting dengan adanya Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di seluruh Indonesia. Ia mengingatkan netralitas ASN, TNI dan Polri dalam Pemilu ini.

“Sesuai dengan Undang-undang nomor 5 tahun 2014, yang dimana mengharuskan pegawai negeri sipil negara berposisi netral, bebas dari intervensi semua golongan dan partai politik,” ujarnya.

Pemerintah Kota Pangkalpinang memberikan apresiasi kepada Bawaslu yang telah menggelar deklarasi ini dan berharap dengan telah selesainya penandatanganan deklarasi Pemilu damai tahun 2024, baik Bawaslu, KPU, Kejari TNI dan Polri serta Partai Politik Peserta Pemilu tahun 2024, pelaksanaan Pemilu akan berjalan aman dan damai serta lancar nantinya.

Lusje juga mengatakan Pemerintah Kota Pangkalpinang akan mendukung sesuai dengan koridor dengan aturan-aturan main.

“Itu salah satu wujud kita kepada partai bahwa kami dengan baju coklat kami, kami netral,” katanya.

Pihaknya juga tetap berkoordinasi, terkait dengan dukungan Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggaraan suksesnya Pemilu, apa yang dibutuhkan Bawaslu dan KPU jika sesuai anggaran dan sesuai aturan, akan disesuaikan. (dnd)