Motivasi Pelajar Lanjutkan Pendidikan, Heryawandi: Pemerintah Siapkan Beasiswa

BANGKA BARAT, LASPELA – Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua  Dewan Perwakilan
Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung, Heryawandi, memotivasi pelajar di SMA Negeri 1 Tempilang, untuk terus semangat belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Di hadapan para siswa, Heryawandi menjelaskan beberapa program pemerintah yang berasal dari APBD yang bisa digunakan oleh para pelajar jika nanti melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, seperti bansos pendidikan, bansos berprestasi yang diperoleh dari IPK tertinggi.

“Pemeritah menyiapkan beasiswa, ada bansos kerja sama dengan PTN atau PTS, beasiswa disabilitas yang khusus diberikan kepada masyarakat berkebutuhan khusus dan lebih banyak lagi,” ujarnya saat reses Anggota DPRD Babel Masa Sidang 1 Tahun Sidang V, Jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut, ia juga menilai kualitas fasilitas pendidikan di Bangka Belitung sudah mulai meningkat, terbukti dengan bertambahnya fakultas-fakultas unggulan di beberapa universitas lokal di Bangka Belitung.

“Kita lihat UBB sekarang di tahun 2023 sudah menerima mahasiswa Fakultas Kedokteran, walaupun masih baru, setidaknya ini adalah langkah awal dalam peningkatan kualitas pendidikan para pelajar di daerah, paling tidak menekan biaya kuliah jika ingin kuliah kedokteran, tidak perlu jauh-jauh lagi,” ucapnya.

Di sesi tanya jawab, beberapa pertanyaan dilontarkan peserta reses terkait kondisi keseharian pelajar. Wakil Kesiswaan SMA Negeri 1 Tempilang, Yahya Hijriah, menanyakan prosedur pengajuan Kartu Indonesia Pintar (KIP), di sisi lain, ada yang sudah punya KIP namun belum aktif.

Heryawandi menyebutkan, urusan KIP ini aadalah wewenang Dinas Pendidikan, tetapi terkait siswa yang kondisi keuangannya kurang tadi, ia menyarankan agar berkoordinasi dengan pemdes setempat.

“Keluarga yang bersangkutan bisa menemui Kepala Desa untuk membuat surat keterangan,” sarannya.(chu)

%d blogger menyukai ini: