Bentuk Karakter Siswa, YPK Air Kenanga Gelar Perjusami

SUNGAILIAT, LASPELA — Sekolah Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Air Kenanga menggelar Perkemahan Jum’at Sabtu Minggu (Perjusami). Dimana kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di sekolah YPK Air Kenanga.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman sekolah sejak 17-19 November 2023 yang diikuti sebanyak 185 siswa jenjang SD dan SMP.

Ketua Majelis Pembimbing dan Gugus Depan (Mabigus), Indra Gautama Putra mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk membentuk karakter siswa agar mampu bersikap tanggung jawab, mandiri, percaya diri, serta mampu menghadapi/menyelesaikan tantangan.

“Kami berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Karena pendidikan ini sangat penting untuk membentuk karakter para siswa,” katanya, Sabtu (18/11/2023).

Sementara itu, Pembina Pramuka Sekolah YPK Air Kenanga, Algani juga menyampaikan bahwa digelarnya Perjusami ini bertujuan untuk mengenalkan tentang kepramukaan serta mendidik siswa agar memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan bisa mandiri serta bertanggungjawab terhadap diri sendiri.

“Seluruh peserta dilatih untuk bersikap disipilin dan bertanggungjawab. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membentuk jiwa sosial para peserta agar mampu berinteraksi dengan lingkungan,” ucapnya.

Dalam Perjusami ini banyak sekali diisi dengan kegiatan-kegiatan seperti kegiatan baris berbaris, pentas seni, hiking, api unggun, acara bebas seperti bakar-bakar hasil kebun (jagung, singkong, pisang ) renungan, dan lainnya.

“Untuk malam penutupan acaranya ada penyalaan api unggun, dengan menampilkan beberapa pertunjukan oleh para peserta diantaranya barongsai dan pentas seni,” terangnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi agenda rutin yang digelar setiap tahunnya. (mah)