Tangkal Hoax Jelang Pemilu 2024 Pokres Basel Berikan Pemahaman ke Masyarakat

TOBOALI, LASPELA – Sub Satuan Tugas Binaan Masyarakat (Binmas) Polres Bangka Selatan (Basel) terus aktif dalam memberikan edukasi terkait menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) memasuki tahapan kampanye Paslon baik Calon Legislatif (Caleg) maupun Calon Presiden dan Wakil Presiden 14 Februari 224 mendatang.

Pada pemberian sosialisasi maupun edukasi ke masyarakat ini juga bagian dari Operasi Mantap Brata (OMB) Menumbing 2023 yakni para Personel Subsatgas Binmas mengunjungi lokasi strategis di Kecamatan Toboali.

Kasat Intel Polres Basel Iptu Joniarto melalui Aipda Iwansyah Jumat (17/11/2023) mengatakan, edukasi ini penting dalam memberikan pemahaman ke masyarakat serta imbauan tentang menjaga Kamtibmas dan berita hoax (berita bohong).

“Kita kasih pengertian kepada masyarakat agar jangan mudah terpancing dengan berita hoax, dan pentingnya menjaga kekondusifan Kamtibnas,” katanya.

Ia menyebutkan, pada sambang ke masyarakat ini pihaknya juga memberikan tips ke masyarakat terkait berita hoax berikut cara mengenalinya.

Ia menjelaskan, mengenali berita hoax dengan mencari tentang sumber berita tersebut, mencari informasi dari sumber terpercaya, serta tidak langsung menyebarkan informasi yang belum diverifikasi.

“Tentunya upaya ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi Pemilu 2024 dengan bijak dan bertanggung jawab,” terangnya.

Menurutnya, berita bohong akan menimbulkan situasi dan kondisi daerah tidak kondusif, sehingga akan berdampak pada penegakkan hukum.

“Kami ingin masyarakat siap menghadapi Pemilu 2024 dengan bijak dan tidak terperdaya oleh berita hoax yang menjerumuskan masyarakat sehingga situasi menjadi tidak Kondusif,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, patroli para personel juga mengunjungi lokasi strategis dengan harapan masyarakat turut menyampaikan ke lainnya tips yang telah diberikan, agar tidak mudah termakan informasi yang belum jelas asal usulnya serta berita hoax.

“Melalui Subsatgas Binmas ini harapannya masyarakat lebih mengerti dengan sebaran berita hoax dan jangan mudah termakan oleh informasi yang menjerumuskan ke arah negatif,” pungkasnya. (pra)

%d blogger menyukai ini: