Tak Ada Lagi Pemadaman Listrik, Bambang Patijaya: Semua Sudah Selesai

*Bakal Ditaruh Turbin Gas

 

MERAWANG, LASPELA — Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Bambang Patijaya mengatakan tak ada lagi pemadaman listrik bergilir yang sempat terjadi beberapa hari terakhir ini di wilayah Bangka Belitung.

“Sudah selesai. Janji pak GM PLN begitu,” kata Bambang usai peresmian dan penyalaan pertama program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Jumat (17/11/2023).

Dikatakannya, pemadaman listrik bergilir ini lantaran ada lima tower di daerah Sumatera yang ambruk akibat cuaca buruk. Terlebih lagi kondisi kontur tanah di daerah itu merupakan tanah gambut.

“Masalahnya ada pada jaringan transmisi. Jadi antara Sumatera-Bangka ada kabel bawah laut, sebelum masuk ke kabel bawah laut ini ada tower-tower listrik di daerah Tanjung Api-api, Kenten. Nah, ada lima tower di sana yang rebah,” jelasnya.

“Jadi permasalahannya bukan di kita (Bangka), tapi tower yang di Sumatera. Dan ini harus disampaikan,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga mengatakan bahwa di wilayah Bangka Belitung akan ditambah Mesin Turbo Gas berkapasitas 2×25 Mega Watt. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi hal serupa, sehingga tidak berefek bagi daerah Babel.

“Ini untuk mem-backup. Jadi kalau ada apa-apa kita tidak akan terganggu. Pokoknya secepatnya kita kejar,” ujarnya.

Sementara itu, GM Unit Induk Wilayah (UIW) PLN Bangka Belitung, Muhammad Munif memastikan tidak ada lagi pemadaman listrik secara bergilir.

“Sebenarnya jadwalnya (pemadaman) sampai tanggal 21 November 2023, tapi alhamdulillah sejak dini hari tadi jam 00.00 WIB sudah tidak ada lagi pemadaman,” katanya. (mah)