Pekan Kebudayaan Daerah Dibuka, Berikan Ruang Apresiasi kepada Seniman

PANGKALPINANG, LASPELA – Pekan Kebudayaan Daerah Kota Pangkalpinang tahun 2023 resmi dimulai. Pembukaan Pekan Kebudayaan Daerah ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Miego, di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Jum’at (17/11/2023).

Mengusung tema “Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan untuk Senyum Pangkalpinang” bertujuan agar dapat dinikmati bersama oleh masyarakat kota Pangkalpinang, serta untuk memberi ruang apresiasi kepada seniman dan budayawan agar bisa menampilkan semua talenta yang dimiliki.

“Oleh sebab itu pada puncak acara pekan kebudayaan daerah kota pangkalpinang tahun 2023 ini, akan disajikan dengan penuh suka cita dan kebahagiaan,” ujar Miego, Jumat (17/11/2023).

“Kalau kita lihat budaya yang ada di Bandung dan Yogyakarta itu sudah berkembang sangat pesat, sudah tidak ada lagi segmen yang tidak dikaji dan dieksploitasi. Kota Pangkalpinang sudah memulai itu dan insyaAllah kita juga akan demikian,” ujarnya.

Selain melibatkan seluruh sanggar professional sebanyak 43 grup, Pekan Kebudayaan Nasional juga menghadirkan sanggar seni yang dimiliki SD dan SMP di Pangkalpinang yang berprestasi dalam bidang seni tradisi, serta beberapa sanggar dari Kabupaten Bangka dan Bangka Barat.

“Kemajuan-kemajuan lain yang ditunjukan oleh Pemkot Pangkalpinang dalam hal pengelolaan kebudayaan daerah kota Pangkalpinang, awalnya kita belum menetapkan satupun cagar budaya sekarang kita sudah menetapkan sekurang-kurangnya 33 objek,” tuturnya.

Awalnya Pemkot Pangkalpinang belum memiliki lembaga adat yang kuat, dalam melakukan upaya pelestarian.m, tapi sekarang Pemkot Pangkalpinang telah memiliki Majelis tinggi Kerapatan Adat Negeri (MTKAN) yang kiprahnya sangat membantu Pemkot Pangkalpinang dalam pengelolaan kebudayaan daerah. (dnd)