Reses di SMA Negeri 1 Simpang Teritip, Heryawandi Serap Aspirasi Sektor Pendidikan

 

BANGKA BARAT, LASPELA – Plt Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) , Heryawandi menerima beberapa masukan dari para guru maupun siswa di SMA Negeri 1 Simpang Teritip Kabupaten Bangka Barat (Babar) terkait fasilitas yang ada di sekolah tersebut.

Hal ini ia sampaikan saat menyambangi SMA Negeri 1 Simpang Teritip dalam rangkaian reses Anggota DPRD Babel Masa Sidang 1 Tahun Sidang V, Kamis (16/11/2023).

Kehadirannya disambut antusias oleh pihak sekolah sebagai peserta reses yang terdiri dari ratusan siswa-siswi kelas XII dan jajaran guru. Turut hadir juga beberapa dinas yang sengaja diundang untuk menyampaikan program-program unggulkan pemerintah provinsi kepada para siswa-siswi di Provinsi Bangka Belitung.

Heryawandi menjelaskan beberapa tugas utama DPRD sebagai penunjang kinerja pemerintah provinsi yaitu fungsi legislasi sebagai pembuat peraturan daerah, penganggaran sampai pengawasan dari jalannya anggaran tersebut.

Selain itu, ditambahkannya terkait penganggaran, bahwa DPRD bersama dinas-dinas sudah mengalokasikan anggaran untuk menunjang program pemerintah khususnya yang menyasar kepada dunia pendidikan.

“Banyak sekali program pemerintah yang nanti bisa diikuti oleh para siswa-siswi dan tentu saja dibimbing oleh pihak sekolah. Seperti dari biro kesra yang memberikan banyak sekali program beasiswa yang bisa diikuti oleh para siswa nantinya,” ujarnya.

“Selain itu, dinas sosial juga rutin menyelenggarakan lomba inovasi tepat guna setiap tahun. Tujuannya adalah mengembangkan alat-alat yang membantu para pelaku usaha kecil menengah. Dari sini pemerintah berharap para siswa dapat menjadi inovator dan enterpreneur,” tambah Iwan sapaan akrabnya.

Kegiatan reses di SMA Negeri 1 Simpang Teritip kali ini berlangsung interaktif. Terlihat dari antusias peserta menyampaikan beberapa usulan untuk penambahan fasilitas ruangan yang ada di sekolah.

“Saat ini penggunaan beberapa ruangan di sekolah berstatus tumpang tindih, seperti ruang perpustakaan yang juga sebagai ruang guru, kiranya dari pemerintah bisa memberikan bantuan ruangan kelas baru,” ungkap Rudini salah satu guru di sekolah ini.

Di kesempatan yang sama, salah satu siswi turut menanyakan ketersediaan program kesehatan untuk para remaja secara mandiri.

Menanggapi hal ini, Heryawandi akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan yang turut hadir untuk meninjau pembangunan ruang belajar mengajar yang baru di tiap sekolah. Semua ini nanti akan dimasukkan ke dalam pokok pikiran Anggota DPRD, yang nanti akan ditinjau kembali oleh pemerintah provinsi.

Terkait kesehatan, ia juga mengaku sangat konsentrasi di bidang kesehatan. Karena kesehatan masyarakat sangat penting dalam menunjang aktifitas masyarakat.

“Karena pada prinsipnya orang sakit itu punya uang atau tidak, mereka itu susah, untuk itu, kami siap melayani. Selebihnya nanyi akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan,” ucapnya.

Menutup pertemuan, Politisi dari Dapil Bangka Barat ini mengajak semua pihak saling bersinergi, dalam meningkatkan sumber daya manusia yang lebih unggul, dimulai dari pendidikan yang optimal.

“Saya berharap sinergi maksimal dari semua pihak untuk meningkatkan kualitas SDM di Provinsi Bangka Belitung. Kita mulai dari pendidikan yang baik di sekolah,” tutupnya.(chu)