banner 728x90

Gelar Karya P5, Cara SMP YPK Air Kenanga Temukan Minat dan Bakat Siswa

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

 

SUNGAILIAT, LASPELA — SMP YPK Air Kenanga menggelar kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan imbas dari pelaksanaan kurikulum merdeka.

banner 325x300

Dengan mengusung tema “Bhinneka Tunggal Ika” dengan segmen YPK Muda Berbudaya, kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa-siswa kelas VII.

Dalam pelaksanaannya, peserta didik kelas VII dibagi kedalam kelompok berdasarkan kelas dan satu kelas terbagi menjadi lima kelompok. Adapun proyek yang ditampilkan adalah cipta dan baca puisi, poster, gambar bercerita, tarian, dan drama.

Diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini seluruh siswa bisa memahami dan menerapkan nilai pendidikan pancasila yang telah ditamankan, sehingga bisa menjadi pelajar dengan profil panca sila sejati.

Pada tahap pertama ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok di setiap kelasnya. Dimana dalam satu kelas didampingi 2 orang  guru pendamping. Dengan harapan projek yang diberikan kepada siswa mampu membangun pengalaman nyata siswa dalam kehidupan bermasyarakat serta memenuhi tujuan pembelajaran P5.

Ketua Projek pertama P5, Rezza Suryatama menyampaikan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memperkenalkan sekaligus memberitahukan pelaksanaan kurikulum merdeka, dimana terdapat warna yang berbeda dibandingkan kurikulum sebelumnya .

“Biasanya siswa terfokus pada pembelajaran di kelas, kini siswa melaksanakan suatu Projek. Projek P5 yang kami laksanakan dengan dimensi berkhebinnekaan global tengan tema “YPK Muda Berbudaya,” katanya, Rabu (15/11/2023).

Sementara itu, Kepala SMP YPK Air Kenanga Indra Guatama Putra mengatakan, profil pelajar pancasila merupakan salah satu kegiatan projek yang ada dikurikulum merdeka dan ini merupakan projek pertamanya di tahun pelajaran 2023/2024.

“Dimana dalam hal ini kita dapat menemukan minat bakat siswa sesuai dengan apa yang diminati.  Terimakasih kepada seluruh orang tua yang telah memberikan dukungan kepada anak-anaknya karena telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini dari awal sampai akhir,” ucapnya.

Kegiatan P5 berangsung di  Lapangan Basket Sekolah YPK Air Kenanga. Acara ini disaksikan oleh Ketua Yayasan, Badan Pengawas Harian, Komite sekolah, orang tua siswa-siswi kelas VII, kepala sekolah, para guru serta para siswa kelas VII, VIII, dan IX YPK Air Kenanga.

Pelaksanaan gelar karya (market day) P5 dilaksanakan sejak 30 November – 16 Oktober 2023. Projek ini terdiri dari enam tahap yaitu pengenalan, kontekstual, rencana aksi, aksi nyata, pamer karya dan evaluasi refeksi dan dilaksanakan selama 3 minggu. (mah)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version