Mendagri Copot Suganda, Pengganti Pj Gubernur Babel Dilantik Senin Ini

* Digantikan Safrizal

PANGKALPINANG, LASPELA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan melantik Penjabat (Pj)  Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang baru menggantikan Suganda Pandapotan Pasaribu. Padahal, diketahui Suganda baru delapan bulan menjabat.

Tito memutuskan melantik Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal, ZA. Hal ini berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Dr. H. Suhajar Diantoro, dan ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri).

Dalam surat nomor 100.2.1.3/6074/SJ tertanggal 10 November 2023 itu, tertulis pelantikan akan berlangsung Senin, 13 November 2023, pukul 13.00 WIB di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C, Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat.

Bahkan seluruh jajaran pimpinan daerah, Ketua DPRD, Kapolda, Kepala Kejaksaan Tinggi, Kamandan Korem, Sekda Provinsi, Kepala Pengadilan Tinggi hingga seluruh bupati/walikota di Provinsi Bangka Belitung diundang menghadiri acara pelantikan Pj Gubernur Bangka Belitung yang baru.

Terkait informasi ini, Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kepulauan Babel, Kurniawan, membenarkan adanya surat pelantikan tersebut.

“Iya benar, saya juga baru terima surat pelantikan itu,” kata Kurniawan saat di konfirmasi salah satu awak media melalui via telepon, Jumat, (10/11/2023) malam.

Namun, ketika dikonfirmasi apa alasan Kemendagri menggantikan Suganda Pandapotan Pasaribu, padahal baru delapan bulan belum satu tahun menjabat, Kurniawan tidak mengetahui secara detail hal tersebut.

“Untuk alasan kenapa Pak Suganda digantikan saya tidak tahu, tapi yang pasti benar adanya surat pelantikan tersebut,” tegasnya.

Untuk diketahui, Suganda Pandapotan Pasaribu dilantik Memdagri Tito Karnavian sebagai Pj Gubernur Bangka Belitung pada  31 Maret 2023 lalu. Penunjukan dirinya sebagai Pj Gubernur Babel berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 25/P Tahun 2023 tentang Penghentian dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung menggantikan Pj Gubernur Babel sebelumnya Ridwan Djamaluddin.

Selama memimpin Babel, Suganda disebut mendapatkan protes dan kritik dari masyarakat Babel, bahkan ada yang melayangkan surat hingga ke Kemendagri. Pergantian Pj Gubernur Babel ini, belum dipastikan apakah berkaitan dengan laporan masyarakat atau memang strategi Kemendagri dalam mengatur penjabat yang memimpin daerah selama masa kekosongan kepala daerah definitif. (chu)