Fun Run 5 K, Simulasi Siaga Bencana Ala BPBD Babel

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan mengadakan event Fun Run 5k di Pantai Tanjungpendam, Kabupaten Belitung, besok (11/11/2023).

Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa mengatakan tujuan dari kegiatan Fun Run 5k ini sebagai bentuk langkah m untuk mensiapsiagakan masyarakat apabila terjadi bencana dengan mengadakan simulasi yang dikemas dalam bentuk Fun Run ini.

“Besok kita akan adakan Fun Run 5k ini dalam bentuk simulasi dan gladi penanggulangan bencana yang¬† dilaksanakan di Pantai Tanjungpendam, Kabupaten Belitung,” ujar Mikron saat di konfirmasi melalui via telefon, Jumat (10/11/2023).

Selain itu, kegiatan Fun Run ini juga sekaligus ikut serta dalam memeriahkan HUT ke-23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 21 November 2023 nanti.

“Kita berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Babel khususnya di Pulau Belitung ini, karena mereka juga ikut andil dalam memeriahkan HUT ke-23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Diakui Mikron, pendaftaran peserta untuk mengikuti Fun Run 5k sangat membludak mencapai 1.100 peserta dan ini melebihi target.

“Alhamdulillah antusias dari masyarakat untuk mengikuti Fun Run ini sangat luar biasa. Meski pendaftaran sudah ditutup, tapi masih banyak peserta yang ingin mendaftar, sampai kemarin saja sudah 1.100 peserta yang daftar, sementara target kita hanya 1000 peserta,” katanya.

Lanjutnya, untuk peserta sendiri bukan hanya dari pulau Belitung saja tapi dari Pulau Bangka juga ikut memeriahkan kegiatan ini.

“Untuk peserta ada juga dari Pulau Bangka yakni¬† dari Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka dan Kota Pangkalpinang. Dan untuk peserta dibuka secara umum dan tidak ada batasan umur,” jelasnya.

Mikron menjelaskan untuk event Fun Run 5K akan dimulai sekitar pukul 06.00 WIB di Pantai Tanjungpendam, Belitung pada Sabtu (11/11/2023) besok.

“Untuk rute dimulai dari Pantai Tanjungpendam, lalu peserta berbelok menuju Jalan Sriwijaya, Jalan Depati Rahat, Jalan Sekolah, Bundaran Satam dan finish kembali di Pantai Tanjungpendam,” ucapnya.

Dia menambahkan, BPBD juga menyiapkan 30 medali finish. “Kami memberikan kepada 30 runner pertama berupa medali, dan runner tercepat untuk kategori putra putri Juara 1 Rp1.000.000 Juara 2 Rp750.000 Juara 3 Rp500.000,” tuturnya.

Sedangkan untuk pemenang berdasarkan nomor dadanya berupa doorprize seperti sepeda, kulkas, tv, kipas angin, rice cooker dll.

“Selain hadiah doorprize, kami juga ada lomba foto untuk satu orang pemenang. Nanti akan disediakan both di Bundaran Satam,” tutupnya.(chu)

%d blogger menyukai ini: