KPU Basel Ajukan Pengadaan 14.430 Kabel Ties untuk Segel Kotak Suara

 

TOBOALI, LASPELA – Setelah menerima 2.791 kotak suara dari KPU Provinsi Bangka Belitung (Babel), KPU Bangka Selatan akan melakukan pengadaan kabel ties untuk segel kotak suara pada Pemilu serentak Februari 2024 mendatang.

Pengadaan segel plastik kabel ties itu dibebankan oleh KPU Kabupaten/Kota sebanyak 14.430 pcs.

“Segel plastik untuk kunci kotak suara pengadaannya di Kabupaten, kemarin kita sudah melakukan pengajuan untuk pengadaan segel kunci kotak suara berupa kabel ties,” kata Ketua KPU Basel, Muhidin, Kamis (26/10/2023).

Ia menyebutkan, pengadaan tersebut sesuai aturan di KPU RI, termasuk jumlah dan spesifikasi segel plastiknya. Dari pengajuan 14.430 segel plastik itu untuk kotak suara di 555 TPS se Basel, belum termasuk di 8 PPK.

“Untuk jumlah pengadaan 14.430 segel plastik. Tapi akan ada penambahan lagi, karena dari KPU RI menyampaikan segel plastik itu belum termasuk untuk segel kotak suara di 8 PPK,” ujarnya.

Ia merincikan, untuk satu kotak suara membutuhkan 3 kunci segel plastik, jadi dibawah 2 segel dan diatas 1 segel plastik jadi 3 segel plastik yang dibutuhkan untuk satu kotak suara.

“Nanti untuk kawan-kawan di TPS saat pencoblosan perhitungan, segel plastik itu akan diganti lagi dengan yang baru. Sedangkan untuk pengadaan 14.430 segel plastik kabel ties itu kurang lebih senilai Rp13 jutaan lebih,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, tidak hanya segel plastik, tapi juga ada pengadaan dari mulai dokumen-dokumen berita acara juga pengadaan di tingkat kabupaten.

“Untuk dokumen-dokumen lainnya diserahkan ke KPU Kabupaten/kota untuk pengadaannya,” pungkasnya. (pra)