JCP 2023 Sukses Digelar, Burhannuddinnur: Dukung Tercapainya Ketahanan Energi Nasional

PANGKALPINANG, LASPELA – Joint Convention Pangkalpinang (JCP) tahun 2023 sukses digelar. Pertemuan yang dilakukan oleh lima asosiasi ini menghasilkan kesepakatan da  komitmen untuk mendukung tercapainya ketahanan energi nasional.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Muhammad Burhannudinnur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat yang telah mensupport suksesnya kegiatan ini.

“Dari JCP ini ada beberapa hal yang telah telah diberikan sumbangsih bagaimana kita nanti berkontribusi untuk transisi energi terutama green energi yang diharapkan bertumbuh,” katanya, usai penutupan JCP, Kamis (26/10/2023).

“Untuk bangsa kita dan juga bagaimana menghadapi ke depan mineral energi dan sebagainya. Tentunya ini berporses dan kita mendukung program-program ke depan, bagaimana program-program energi mendapatkan porsi sesuai fungsinya dan sesuai kebutuhan kita,” ujarnya.

Dari sisi energi pihaknya berupaya mengkaji dan mendukung usaha-usaha dengan keras dan serius bagaimana mempercepat eksplorasi dan juga mempercepat proses transisi.

“Kebijakan-kebijakan yang sudah ada dan target-target kita, step by step mendukung tercapainya ketahanan energi nasional,” tuturnya.

Sementara itu pihaknya menargetkan joint convention akan digelar kembali pada 2025 mendatang, meski hingga saat ini belum diputuskan di kota mana perhelatan tahunan tersebut akan dilaksanakan.

“Mudahah-mudahan dengan apa yang kita cita-citakan, stakeholder bergabung untuk menciptakan ketahanan energi dan melaksanakan program-program energi,” tururnya.

Sementara itu, Achmad Albani selaku Ketua Panitia JCP 2023 menuturkan terima kasih kepada seluruh peserta dan support dari stakholder terkait karena telah ikut dalam memeriahkan JCP 2023.

“Mudah-mudahan transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan, mohon maaf jika banyak kekurangan dalam pelaksanaan ini,” tukasnya.

Banyak rangkaian kegiatan yang telah dilakukan di JCP 2023 sejak 24 Oktober ini, diantaranya penanaman pohon magrove di Air Anyir, kegiatan JCP RUN 5K di Taman Sari, pembukaan JCP hingga penutupannya. (dnd)