Atasi Stunting, 309 Desa se-Babel Terima Kucuran Dana

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 309 desa se-Bangka Belitung, termasuk di Kabupaten Bangka menerima bantuan keuangan yang dialokasikan khusus untuk percepatan penurunan stunting, di Gedung Sepintu Sedulang, Kamis (26/10/2023).

Dimana total dana yang dikucurkan oleh Pemerintah Provinsi Babel untuk penanganan kasus stunting ini mencapai Rp3,9 milyar.

Dana tersebut, kata Budi, akan diberikan kepada para kader Posyandu, anak yang menderita stunting, dan ibu hamil.

“Tiap-tiap desa nilainya berbeda-beda tergantung jumlah kasusnya. Tapi bagi desa yang sudah zero stunting dana itu digunakan untuk sosialisasi pencegahan,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bangka Muhammad Haris mengatakan, total kasus stunting di Kabupaten Bangka saat ini mencapai 320 kasus yang tersebar di beberapa desa.

Untuk itu, pihaknya berharap dengan adanya bantuan keuangan tersebut kasus stunting di Kabupaten Bangka dapat segera diatasi.

“Kami sudah menyampaikan kepada seluruh tim percepatan yang ada di kabupaten, kami minta tahun depan angkanya nol,” tegas Haris.

Bahkan pihaknya mengatakan akan turun langsung ke desa-desa yang menjadi lokus stunting bersama dengan dokter spesialis anak. (mah)