Raih 126 Suara, Muhammad Sabil Kembali Ketuai Panitia Kompensasi KIP

SUNGAILIAT, LASPELA — Muhammad Sabil kembali terpilih menjadi Ketua Panitia Kompensasi Kapal Isap Produksi (KIP) bagi nelayan Sungailiat, Selasa (24/10/2023).

Dalam pemilihan itu, Sabil menang telak dengan raihan sebanyak 126 suara, dibandingkan dengan Ervits Gunawan yang hanya 1 suara, Agus Riadi 1 suara, Isfajri 3 suara. Sementara Walgono dan Samsul Komar tidak memperoleh suara alias 0.

Usai terpilih, M Sabil mengatakan akan terus menerima masukan-masukan dari masyarakat, agar kinerja panitia semakin lebih baik lagi. Termasuk merespon saran dari Pj Bupati Bangka Muhammad Haris yang menginginkan agar penyaluran dana kompensasi dilakukan melalui perbankan.

“Ini memang suatu PR bagi kita supaya lebih tepat sasaran. Karena memang peruntukannya untuk nelayan yang aktif,” kata Sabil.

Meski demikian, pihaknya mengatakan akan masih menerapkan pola lama (cash) dalam sistem penyaluran dana kompensasi KIP ini, sembari mempertimbangkan saran yang diberikan oleh Pj Bupati Bangka.

“Untuk sementara ini iya (metode lama), tapi akan kita wacanakan supaya lebih baik lagi ke depannya,” tukasnya.

Dengan jumlah hampir 6.000 penerima, kata Sabil, pihaknya akan terus mengupdate data terbaru. Hal ini dilakukan agar penyaluran kompensasi ini tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh nelayan.

“Maka itulah dibutuhkan peran kepala lingkungan, karena mereka tahu warga mana yang berhak untuk menerima. Intinya kompensasi ini diberikan bagi nelayan yang aktif,” ujarnya.

Terkait dengan penyusunan kepengurusan, Sabil mengatakan akan terlebih dahulu meminta pendapat dari para Kaling yang dinilai tahu persis perkembangan masyarakat pesisir. (mah)