Gelar Peringatan Maulid Nabi, SDN 60 Pangkalpinang Tanamkan Akhlakul Karimah kepada Siswa

PANGKALPINANG, LASPELA — Sekolah Dasar (SD)  Negeri 60 Pangkalpinang menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW  di halaman sekolah, Jumat (06/10/2023). Kegiatan ini untuk meningkatkan kecintaan siswa kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam beberapa rangkaian kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa siswi SD 60 tersebut diantaranya pembacaan Qalam Ilahi hingga ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Mahmudin.

Kepala Sekolah SDN 60 Pangkalpinang, Herdian Tanaka  menyebut kegiatan ini rutin digelar tiap tahun dengan kegiatan nganggung oleh siswa siswi.

“Kegiatan ini sangat rutin digelar dengan mengusung konsep kecintaan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW, sehingga anak anak terus tertanam dengan kecintaan nabi dan akhlaqul karmah,” tukas Herdian.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Ustadz Mahmudin bagaimana cerita kelahiran nabi dan baiknya akhlak yang harus ditanamkan sejak dini kepada siswa siswi SDN 60 Pangkalpinang.

“Nabi Muhammad SAW diyakini lahir pada 12 Rabiul Awal, Tahun Gajah. Nabi Muhammad SAW lahir dari seorang Ibu bernama Ibu Aminah binti Wahab bin Abdu Manaf sebagai anak yatim. Sedangkan yahnya, Abdullah bin Abdul Muthalib meninggal dalam perjalanan niaga dari Syam ketika singgah ke tempat saudara ibunya di Yatsrib. Kisah Maulid Nabi Muhammad SAW atau kelahiran Nabi juga disebut sebagai tahun Gajah karena saat itu Abrahah, penguasa Yaman ingin menghancurkan Ka’bah sebagaimana tertulis dalam Surah Al-Fil (105),” ujar Ustadz Mahmudin. (yak)

%d blogger menyukai ini: