Volume Sumber Air Baku Menyusut, PDAM Pastikan Ketersediaan Aman

PANGKALPINANG, LASPELA – Plt. Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pinang Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim memastikan jika seluruh kolong sumber air di Kota Pangkalpinang aman selama musim kemarau, meski terjadi penyusutan volume air.

“Penyusutan memang ada, tetapi tidak banyak, untuk itu kita memastikan jika kolong sumber air masih aman, Insha Allah cukup selama musim kemarau ini,” ujarnya, Rabu (4/10/2023).

Penyaluran air bersih yang dilakukan BPBD dan juga PMI pun mengambil air bersih dari  Perumda Tirta Pinang,  meskipun saat ini pengambilan air bersih sudah dibatasi  sehari hanya dua kali.

“Karena yang kita layani selama musim kemarau ini bukan hanya pelanggan PDAM tapi seluruh masyarakat yang kekeringan, sehingga perlunya kerja sama masyarakat,” katanya.

Untuk mobil pemadam kebakaran pihaknya mengizinkan untuk dilakukan berapa pun yang ingin diambil, karena ini sifatnya mendesak. “Ini tidak bisa kami batasi, karena akan berbahaya,” imbuhnya.

Sementara untuk pelanggan PDAM dikatakannya tidak perlu khawatir, karena distribusi air hingga kini tetap baik kepada para pelanggan, penyaluran air kepada masyarakat sendiri sampai saat ini masih baik.

“Tiga sumber pasokan air di Pangkalpinang yakni di kolong Bacang, kolong Retensi Kacang Pedang dan kolong Pedindang, dapat dipastikan aman,” ujarnya. (dnd)