Percepat Penurunan Angka Kesakitan dan Kematian Kanker Serviks, Dinkes Canangkan Imunisasi HPV

* Sasar Anak Kelas 5 dan 6 SD

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang saat ini mencanangkan Imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) untuk dapat terlaksana kepada seluruh masyarakat untuk mencegah kesakitan dan kematian akibat kanker serviks.

Dinkes memfokuskan melakukan penyuntikan vaksinasi kepada anak, terutama pada kelas 5 dan 6, mengingat sebagai generasi bangsa agar terbebas dari kanker serviks.

“Vaksinasi ini sangat penting diberikan, dimana ini juga untuk menjaga kesehatan mereka melindungi dari rasa kesakitan dan kematian pada kasus kanker serviks,” ujar Kepala Dinkes Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim, Rabu (4/10/2023).

Imunisasi HPV ini utamanya diberikan segera kepada anak-anak perempuan usia kelas 5 SD/MI/sederajat atau anak usia 11 tahun untuk dosis pertama dan selanjutnya dosis kedua 6 sampai 12 bulan kemudian.

“Hal ni dalam rangka mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks yang merupakan kanker penyebab kematian tertinggi kedua di Indonesia, vaksin HPV ini akan diberikan secara gratis dan sangat penting untuk melindungi anak perempuan,” jelasnya.

Hingga saat ini jumlah yang sudah dilakukan vaksinasi HPV sebanyak 1.413 anak, kegiatan ini masih terus dilakukan secara bertahap.

“Mudah-mudahan dengan upaya ini kita akan mengurangi jumlah tersebut, karena sampai sekarang kasus termasuk tinggi korbannya,” pungkasnya. (dnd)