Bantu Atasi Kebakaran, Perumda Tirta Bangka Suplay Air untuk Damkar

SUNGAILIAT, LASPELA — Selain memenuhi pasokan air bersih kepada pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Bangka juga melayani pasokan untuk mengatasi kebakaran di daerah itu.

“Mobil Damkar juga mengambil dari sumber air yang kita punya. Jadi, selain untuk melayani para pelanggan, kita juga membantu dalam mengatasi kebakaran,” kata Kepala Perumda Air Minum Tirta Bangka, Abdi Nursahri, Rabu (4/10/2023).

Meski musim kemarau ini mengakibatkan beberapa wilayah mengalami kekeringan, ia meyakini stok kebutuhan air akan tercukupi.

“Perumda Air Minum Tirta Bangka memiliki delapan sumber air baku (kolong) yang memiliki kapasitas ketersediaan air mencapai 30 juta kubik, serta kolong-kolong yang besar eks tambang,” ujarnya.

Berkaca dari tahun sebelumnya, kata dia dengan telah dilaluinya beberapa kali musim kemarau, ia meyakini pelayanan kepada masyarakat masih tetap bisa beroperasi, walaupun terjadi penurunan air sekitar 10 persen.

“Memang mengalami penurunan debit air, tapi sumber air baku ini akan cukup tersedia guna memenuhi kebutuhan air di musim kemarau dan kekeringan,” tandasnya. (mah)