Ngeri! ODHA Rentan Menderita Penyakit Kronis Lainnya

PANGKALPINANG, LASPELA – Orang dengan HIV Aids (ODHA) rentan menderita penyakit lainnya. Untuk itu, masyarakat Kota Pangkalpinang diimbau untuk menjaga kesehatan dan mencegah agar terhindar dari penyakit HIV Aids, khsususnya remaja dengan gaya hidup bebas.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah Kota Pangkalpinang,  dr. Della Raniadita mengatakan, HIV Aids ini berpotensi tinggi diderita oleh remaja masa kini apabila menganut pergaulan bebas.

“Untuk itu remaja akhir baligh harus dijaga dengan benar-benar. Jangan sampai terkena HIV Aids ini, karena sampai sekarang penyakit ini tidak ada obatnya,” katanya, Selasa (3/10/2023).

Penyakit HIV Aids dikatakannya adalah penyakit yang tidak bisa diprediksi dari awal terkena hingga 5 tahun setelahnya. Perkembangan penyakit ini tidak terkendala tetapi bisa menularkan ke orang lain.

“Setelah tahun ke-6 barulah menimbulkan gejala dan semua penyakit datang, baik ginjal, paru-paru, jantung, TBC semua menyerang seseorang HIV. Kasus kematiannya sendiri bukan dari sakit HIV-nya itu, melainkan penyakit-penyakit lain yang menyerang, sehingga orang tersebut wadah dari berbagai macam penyakit,” jelasnya.

Penyakit HIV tegas Della belum ada obatnya, karena HIV Aids mempunyai ribuan sel, ketika satu sel dibunuh maka sel-sel lain akan bertumbuh lebih banyak lagi.

“Sekarang kami menyediakan terapi, sehingga ODHA bisa mempunyai harapan hidup hingga 30 tahun, selagi ia mengkonsumsi obatnya, tetapi ingat dia tetap menularkan ke orang lain, terutama pada hubungan suami istri,” pungkasnya. (dnd)