Omset Usaha Arum Wedang Milik Ratna Makin Melejit setelah Jadi Mitra Binaan PT Timah Tbk

PANGKALPINANG, LASPELA – PT Timah Tbk terus berupaya mendorong kemajuan usaha mitra binaan melalui pelatihan maupun promosi produk. Hal inilah yang membuat usaha Ratna Ningrum Hajariah makin melesat.

Ratna merupakan Owner dari Arum Wedang yang menyediakan berbagai minuman dari berbagai rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ia mulai menjalankan usahanya sejak tahun 2018 silam, namun usahanya semakin berkembang pesat setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk pada 2021 silam.

Berbagai inovasi produk pun dilakukan Ratna. Dirinya kini memasarkan produk minuman serai, lemon, kunyit, jeruk kunci, asam jahe, wedang uwuh dan minuman herbal lainnya.

Menurut Ratna, usahanya semakin berkembang setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk. Omsetnya terus bertambah seiring dengan upaya promosi yang dilakukan perusahaan.

“Saya awalnya menjadi mitra binaan PT Timah Tbk karena dikasih tau teman, usahanya berkembang karena mendapatkan bimbingan dan dibantu promosi. Jadi saya juga mau memanfaatkan program mitra binaan,” katanya.

Usahanya pun tak sia-sia setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk. Ia bisa semakin mempromosikan produknya karena kerap diajak ikut dalam berbagai pameran.

Seiring dengan pertambahan modalnya, Ratna juga mulai menitipkan produknya ke berbagai toko sehingga bisa didapatkan dengan mudah oleh masyarakat. Bertambahnya jumlah produksi, tentu kata dia, juga berdampak pada peningkatan omsetnya. Bahkan bisa meningkat hingga dua kali lipat dari biasanya.

Ratna menceritakan, dulu memulai usaha minuman ini karena melihatnya banyaknya potensi serai di Bangka, namun belum diolah secara maksimal. Akhirnya, ia mengolah minuman serai dan membuatnya seperti minuman kekiniaan seperti saat ini.

“Saya memulai usaha Arum wedang karena punya kebun serai, awalnya hanya saja jual serainya saja dan dibagikan ke tetangga. Tapi terus menerus hasilnya banyak. Akhirnya saya coba olah jadi minuman karena serai ini kan banyak manfaatnya untuk kesehatan,” katanya.

“Lalu saya mulai mengembangkan minuman ini membuat rasa serai tidak seperti jamu tradisional tapi lebih menghadirkan taste minuman herbal bermanfaat tapi ringan. Ternyata ini diminati akhirnya saya mulai mengembangkan ke rempah lainnya seperti jahe dan lainnya,” ceritanya.

Setelah menjadi mitra binaan pun, kata dia, yang berkembang bukan hanya usaha Arum Wedangnya saja, namun usaha mainan yang dirintis lebih dulu juga ikut berkembang.

“Setelah itu modal yang dari PT Timah Tbk juga saya gunakan untuk membuat rumah produksi Arum Wedang dan rumah produksi untuk usaha mainan saya. Alhamdullillah semua berjalan lancar,” kata dia.

Ia merasa beruntung karena telah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk, pasalnya banyak hal baru yang didapatkannnya. Selain usahanya berkembang, ia juga bisa menambah pengetahuan tentang wirausaha dari pelatihan yang diberikan PT Timah Tbk.

“Banyak sekali manfaat yang saya rasakan dengan menjadi mitra binaan PT Timah Tbk. Saya berharap program PUMK PT Timah Tbk ini dapat terus berlanjut sehingga semakin banyak UMKM yang merasakan manfaatnya,” tandasnya. (ril/chu)

%d blogger menyukai ini: