Pertamina Gandeng Yonif 147/KGJ dan Damkar Bateng Latih Operator SPBU

NAMANG, LASPELA — Depo Pertamina Bangka Balitung menggelar pelatihan keselamatan yang diikuti operator Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Pelatihan ini menggandeng Yonif 147/KGJ, Selasa (12/09/2023).

Sebanyak 55 SPBU yang terdiri dari 160 operator dan manager berkumpul di Yonif 147/KGJ dalam rangka sosialisasi bagaimana cara menangani kecelakaan yang mengakibatkan kebakaran dalam skala kecil serta tata cara menggunakan APAR dan jenis jenis APAR.

Pertamina meminta untuk menerapkan HSSE Golden Rules dalam pekerjaan yaitu patuh, intervensi dan peduli.

Sales Area Manager, Adeka menyampaikan terima kasih atas sinergitas antara TNI Polri dengan Pertamina, dengan sosialisasi ini diharapkan operator dan manager untuk benar memahami tata cara penggunaan dan perawatan APAR serta cara penanganan apabila terjadi kebakaran di lingkungan kerja.

“al menarik juga yang terjadi di Bangka Belitung begitu saya notice adalah banyaknya kebakaran dimulai dari adanya kenakalan yang dilakukan oleh oknum operator dan masyarakat tentang modifikasi tangki BBM yang tidak sesuai dengan standard, saya mohon dengan sangat untuk para operator jangan berani nakal apalagi dengan barang subsidi, pemerintah sudah menggelontorkan anggaran triliyunan untuk BBM subsidi yang seharusnya diperuntukkan untuk masyarakat yang betul betul membutuhkan, ini juga menjadi langkah kami bersinergi dengan TNI Polri untuk menjaga manat pemerintah sesuai dengan undang-undang,” kata Adeka

Fuel Terminal Manager (FTM) Pertamina Patra Niaga Pangkalbalam, Resky Kurniawan menjelaskan pentingnya kegiatan perkenalan dari Refreshment training operator SPBU.

“Fungsi dari pelatihan ini bagaimana meningkatkan awarenest dalam upaya pencegahan apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan, karena kita tahu tidak semua para konsumen belum tentu faham tentang penanganan ini, terlebih kebakaran yang diakibatkan bahan bakar begitu mudah terjadi dan ini menjadi pelatihan bagi kita semua bagaimana penanganan apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan.” Pungkas Resky.

Sosialisasi ini juga menggandeng Yonif 147/KGJ dan Pemadam kebakaran Kabupaten Bangka Tengah guna memberikan materi terkait tata cara pemadaman kebakaran apabila terjadi di lingkungan kerja SPBU yang begitu riskan.

Danyonif 147/KGJ Mayor Inf Yokki Firmansyah menyambut hangat para peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi refreshment training operator SPBU beliau menyebut Operator SPBU bagian dari keluarga dari yonif 147/KGJ.

“Kami berharap ke depan bentuk kerja sama seperti ini digalakkan, dan bapak ibu juga apabila ingin berkunjung ke batalion, kami membuka gerbang dengan sangat lebar,” ujar Danyonif.(yak)