Percepat Urusan Surat Menyurat, Desa Karya Makmur Luncurkan Aplikasi Sijamur

SUNGAILIAT, LASPELA — Tak mau ketinggalan, Pemerintah Desa Karya Makmur resmi meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Jaringan Aplikasi Masyarakat Desa Karya Makmur atau Sijamur.

Kemunculan Sijamur ini untuk memudahkan perangkat desa maupun masyarakat dalam mengurus surat menyurat dengan lebih cepat, ringkas, dan bisa dilakukan di rumah secara online.

“Aplikasi ini juga untuk menandakan aparat desa bergerak aktif dan terbuka. Untuk itu, semua desa di Kecamatan Pemali bisa dijadikan role model terutama mempunyai aplikasi yang terhubung dengan kecamatan,” kata Bupati Bangka, Mulkan, Selasa (12/9/2023)

Orang nomor satu di Bumi Sepintu Sedulang ini mengatakan bahwa sekarang ini semua serba digital, untuk itu kapasitas sumber daya manusia (SDM) juga harus mumpuni sehingga bisa menjalankan aplikasi.

“Diharapkan aplikasi ini dapat dengan mudah diakses, tidak tertunda dan efektif serta cepat,” harapnya.

Sementara itu Kades Karya Makmur, Barwi Arkoni mengatakan desa ini merupakan desa digital yang harus mempunyai aplikasi dan juga sebagai desa cantik yang merupakan desa statistik. Semua ini bertujuan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Aplikasi ini terdiri dari 19 pelayanan desa dengan menggunakan website, sedangkan untuk sidik jari absen dan tamu undangan juga menggunakan barcode. Selain itu, aplikasi ini juga terkoneksi dengan bidang usaha,” tukasnya. (mah)