Luncurkan Aplikasi Sidawai, Mulkan: Jangan Hanya Seremonial Saja

SUNGAILIAT, LASPELA — Bupati Bangka, Mulkan meluncurkan aplikasi Sidawai (Sistem Informasi Desa Air Ruai), bertempat di Pasar Hygenis Air Ruai.

Aplikasi Sidawai merupakan aplikasi secara mobile untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat Desa Air Ruai.

“Aplikasi Sidawai ini menggunakan teknologi mobile yang dapat memberikan manfaat untuk kepentingan desa. Sekarang ini tidak ada lagi sistem manual semuanya serba menggunakan aplikasi dan ini lah salah satu jawaban terhadap perkembangan teknologi yang sangat modren ini.” kata Mulkan, Minggu (10/9/2023).

Untuk itu, ia meminta agar aplikasi tersebut dapat terus di-update oleh pihak desa, dan menyajikan beragam informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Aplikasi ini harus berjalan dan jangan hanya seremonial saja. Ketika sudah dilauncing tetapi tidak di implementasikan di masyarakat ini akan sia-sia terhadap aplikasi yang telah kita buat. Paling tidak semua masyarakat yang punya handphone mereka sudah bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan dan sudah diupdate oleh pemerintah desa,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Air Ruai, Rojali mengatakan, dengan perkembangan teknologi Pemerintah Desa Air Ruai berinovasi ingin memberikan kualitas pelayanan publik lebih baik terhadap masyarakat.

“Menjadi desa cerdas dengan pemanfaatan teknologi informasi secara optimal untuk pelayanan publik pada era digitalisasi ini, sehingga memberikan akses yang mudah dalam keterbukaan informasi publik,” kata Rojali.

Dikatakannya, aplikasi yang telah dibangun ini merupakan hasil kerjasama Desa Air Ruai dengan ISB Atma Luhur Pangkalpinang dan berkoordinasi Pemerintah Kabupaten Bangka khususnya Diskominfotik Bangka, Inspektorat, Dinpemdes, dan Bagian Hukum. (*/mah)