Cegah Obesitas, Remaja Wajib Kurangi Gaya Hidup Ini

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, dr. Tri Wahyuni meminta anak muda untuk merubah gaya hidup guna menghindari menderita berbagai penyakit termasuk obesitas (kegemukan) dan diabetes serta penyakit lainnya yang berawal dari cara hidup tidak sehat.

Ia menyebutkan, kasus hipertensi dan obesitas menjadi salah satu penyakit yang cukup tinggi ditemukan di Kota Pangkalpinang.  Hal ini dipicu dari pola remaja atau anak muda masa kini yang kerap menghabiskan waktu dengan nongkrong di cafe, meminum kopi, atau minuman mengandung gula lainnya.

“Jangan terlalu sering nongkrong di warung kopi, karena kopi salah satu yang menjadi pencetus hipertensi dan obesitas, kandungan gula dan kafein di dalam kopi ditambah mereka jarang tidur dan makan-makanan berserat,” ulasnya.

Terkadang anak muda jaman sekarang, dikatakan dr. Tri bisa nongkrong di warung kopi sampai pagi, pola hidup seperti itu sangat berbahaya ditambah merokok, nikotin dan kafein.

“Rubahlah gaya hidup, jangan sampai nanti akan menyesal terkena penyakit usia muda. Olahraga makan berserat dan tidur cukup coba rutinkan untuk hidup sehat, karena anak muda jaman sekarang umur 17 hingga 18 tahun saat ini sudah ada yang terkena penyakit hipertensi,” bebernya.

Sementara itu, menurut hasil data penyakit yang ditemukan saat ini ialah nasofaringtis akut (kanker pada tenggorokan) sebanyak 751 orang, ispa 484, diabetes melitus 584, tukak lambung 450, penyakit pulpa (peradangan pada gigi) 320 kasus, myalgia atau nyeri otot 252 kasus, demam yang tidak ditahui penyebabnya 206 kasus, diare 169 dan sakit kepala 150 kasus. (dnd)