Porprov VI Babel Ditutup, Bangka Tengah Keluar sebagai Juara Umum

BANGKA BARAT, LASPELA — Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Bangka Belitung (Babel) tahun 2023 resmi ditutup Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Bangka Belitung, Yunan Helmi di Lapangan Gelora Mentok, Bangka Barat (Babar), Kamis (31/8/2023) malam.

“Selain kompetisi, kegiatan porprov ini jadi momen mempererat persaudaraan antar kita semua. Melalui olahraga ini untuk diplomasi untuk meningkatkan semangat kebersamaan, perdamaian dan kebaikan untuk membawa kemajuan di Provinsi Babel,” kata Yunan Helmi.

Dari 20 cabor yang diperlombakan para atlet dari seluruh Kontingen/Kota berhasil mengumpulkan sebanyak 1.018 keping medali terdiri dari, 300 emas, 298 perak dan 420 perunggu.

Kontingen Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) berhasil keluar menjadi juara umum dengan perolehan 169 medali terdiri dari 71 keping emas, 51 perak dan 47 perunggu.

Juara dua berhasil didapatkan tuan rumah Bangka Barat dengan mengoleksi 150 medali terdiri dari, 58 emas, 29 perak serta 63 perunggu. Juara tiga Kabupaten Bangka dengan mengoleksi 154 medali, terdiri dari 56 emas, 46 perak dan 52 perunggu.

Sisa medali lainnya dikoleksi Kota Pangkalpinang berada di peringkat keempat klasemen dengan perolehan 188 medali yakni 52 emas, 59 perak dan 77 perunggu. Posisi kelima Belitung Timur dengan 30 emas, 48 perak dan 65 perunggu (total 143 medali).

Peringkat keenam Belitung dengan mengoleksi 19 emas, 34 perak dan 73 perunggu (total 126 medali). Sedangkan posisi juru kunci Kabupaten Bangka Selatan yang hanya mengoleksi 14 emas, 31 perak dan 43 perunggu (total 88 medali).

Ketua Panitia Besar (PB) Porprov VI Bangka Belitung, Bong Ming Ming mengucapkan selamat kepada Kabupaten Bangka Tengah yang sudah berhasil mengoleksi medali emas paling banyak dan keluar sebagi juara umum.

“Untuk lokasi venue ada 5, yaitu di Kota Mentok, Desa Mancung, Parittiga, Sungailiat dan Pangkalpinang. Jadwal pertandingan berlangsung selama 20 hari dari tanggal 12 Agustus hingga 31 Agustus 2023 ditutup cabor sepak bola tadi sore,” katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Babel, Ricky Kurniawan ikut mengapresiasi Pemda Babel baik eksekutif dan legislatif di dalam Porprov VI Babel, yang telah memberikan dukungan berupa anggaran sehingga dapat membangun sejumlah venue pertandingan.

“Terima kasih pula Pemkab Babar, Pak Bupati atas support, pelayanan luar biasa totalitas dalam porprov sehingga terlaksana dengan baik sampai akhir. Dan Porprov VI Babel berjalan baik, lancar, kondusif, masalah tetap ada, tapi semua diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Ia mengucapkan selamat pula kepada Bateng yang telah meraih juara umum di dalam Porprov VI Babel. Ada sebuah peningkatan yang luar biasa dari Bateng. Pada Porprov V Babel, Bateng yang menjadi tuan rumah hanya mampu berada di peringkat ketiga.

“Peningkatan juga ada di tuan rumah (Babar), Porprov V Babel cuma 5 medali emas dan berada peringkat ketujuh, sekarang mengumpulkan 58 medali emas dan berada di peringkat kedua. Ini sangat luar biasa, persaingan antar kabupaten dan kota cukup baik. Menandakan bahwa prestasi bisa dicapai, kalau kita mau,” ujarnya.

Tak lupa ia berpesan kepada atlet yang berprestasi pada Porprov VI Babel ini dapat terus meningkatkan kemampuan diri agar dapat kembali menorehkan capain gemilang di kancah nasional dan internasional. Begitu pula untuk yang kalah, terus berlatih masih ada porprov selanjutnya. (oka)