Jangan Lupa! Ada Pesta Rakyat dan Bazar di Alun-Alun Taman Merdeka

* Meriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia

PANGKALPINANG, LASPELA –  Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun ini dirasa lebih semarak. Selain upacara dan prosesi rutin yang digelar, masyarakat Babel di Kota Pangkalpinang dan sekitarnya pun bisa merayakan kemerdekaan dengan menghadiri pesta rakyat.

Panitia kegiatan HUT RI Pemprov Babel menyiapkan berbagai agenda tambahan untuk merayakan 78 tahun kemerdekaan Indonesia, dengan menggelar pesta rakyat serta bazar dan pawai karnaval.

Koordinator Kegiatan, Ferdiyan Hermawan Lubis mengatakan, setelah prosesi rutin mulai dari pengukuhan anggota paskibraka hingga ramah tamah dengan veteran pejuang perintis, keesokan harinya (18/8/2023) akan digelar pesta rakyat di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang.

“Besok (18/8/2023) malam kita akan menghadirkan artis ibu kota Jamila juara 1 Bintang Pantura Indosiar dan Yendri Huddami juara 1 KDI, serta stand up komedi oleh Munir dan Yuda, untuk menjadi hiburan rakyat,” ujarnya, Kamis (17/8/2023).

Selain itu, Kesbangpol bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Babel juga menyelenggarakan Bazar UMKM, dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 18-20 Agustus 2023, di Alun-alun Kota Pangkalpinang.

“Sebanyak 35 UMKM binaan Dinas Koperasi dan UKM Babel kita libatkan untuk ikut berpartisipasi memeriahkan HUT ke-78 RI,” jelasnya.

Lanjut Bob, para pelaku UMKM ini akan memperkenalkan produk-produk unggulannya mulai dari kerajinan sampai produk makanan.

“Kurang lebih ratusan produk akan dikenalkan kepada masyarakat Babel mulai dari kerajinan lokal hingga produk makanan maupun minuman, sedangkan untuk antusias dari para UMKM sangat luar biasa, tetapi kita batasi karena keterbatasan lokasi,” tuturnya.

Selain itu, kegiatan tahunan yang selalu dinanti oleh masyarakat pawai pembangunan dan karnaval akan digelar 26-28 Agustus 2023.

“Untuk pawai karnaval akan dilaksanakan pada Minggu (27/8/2023) karena pada tanggal (24/8) dilaksanakan ditingkat Kabupaten, jadi untuk juara di tingkat kabupaten bisa mengikuti di Provinsi. Kita tunggu karnaval selesai di kabupaten kota baru kita (provinsi) laksanakan, supaya lebih ramai,” tutupnya.(chu)