Hirup Aroma Sampah Terus Menerus Warga Terancam Alami Gangguan Kesehatan

PANGKALPINANG, LASPELA – Masyarakat yang berada di sekitar  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Parit Enam Kota Pangkalpinang harus waspada. Pasalnya, ancaman penyakit atau gangguan kesehatan mengintai akibat terus menerus terpapar polusi udara dari aroma sampah.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Kota Pangkalpinang, Widya Eva, Selasa (15/8/2023).

“Polusi udara tentunya akan mempengaruhi pada saluran pernafasan, disamping itu juga berpengaruh pada penyakit yang ditularkan oleh vektor, misal nya lalat bisa memicu diare,” ujarnya.

Hingga saat ini kasus Diare atau Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) memang masih sedikit,  tentu cara untuk mencegah penyakit seperti itu ialah menjaga lingkungan rumah agar tetap bersih.

Bagi masyarakat yang mempunyai gejala penyakit ISPA dan diare, saat ini pihaknya mengandalkan Puskesmas dan Rumah Sakit. “Sehingga masyarakat yang tanda-tanda sudah menjurus ke ISPA atau Dire silahkan ke Faskes terdekat,” ujarnya.

Meningkatkan nutrisi menjadi salah satu cara maysarakat untuk terus dapat mempertahankan kesehatannya.

“Periksa kesehatan rutin ke PKM
Bila perlu gunakan masker saat keluar rumah,” pungkasnya. (dnd)