Anabul Kesayangan Sakit, Puskeswan Pangkalpinang Siap Berikan Pengobatan

PANGKALPINANG, LASPELA – Masyarakat Kota Pangkalpinang yang memiliki hewan peliharaan bisa memanfaatkan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Pangkalpinang untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Puskeswan ini berada di Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, terbuka untuk umum, siapapun dipersilahkan untuk membawa anabul kesayangan ke Puskeswan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Samri mengatakan, ada lima dokter hewan yang siap melayani anabul yang sakit atau hanya sekedar suntik vaksin atau steril hewan kesayangan.

“Hewan-hewan yang bisa dibawa, seperti kucing, anjing, kelinci, ayam dan lainnya yang sedang sakit atau sekedar memeriksa kesehatan silahkan saja bawa ke sini, terbuka untuk umum,” ujarnya, Kamis (10/8/2023).

Untuk biaya pun terjangkau karena terdapat subsidi, dan harga ini tak semahal pelayanan  di tempat praktik lainnya.

“Sedikit lah untuk kontribusi ke PAD kita, masyarakat bisa langsung cek di Puskeswan atau IG Uptdpuskeswanpangkalpinang.

Sementara untuk hewan ternak, sapi, kerbau dan kambing, yang tidak bisa dibawa, tim medis siap jika harus turun ke lokasi. Peternak bisa menghubungi petugas medis saja.

“Nah nanti petugas medis akan langsung turun ke lapangan,” imbuhnya.

Samri menambahkan, mungkin selama ini tidak banyak masyarakat yang tahu terkait  Puskeswan, hingga saat ini pihaknya terus gencar sosialisasi kepada masyarakat terkait pelayanan Puskeswan.

“Melalui RT dan RW, kami selalu rutin untuk mensosialisasikan apa saja yang ada di Puskeswan, baik program dan seputar kesehatan hewan,” pungkasnya. (dnd)