Kalungkan Selempang ke Finalis Bujang Miak, Mulkan: Mereka akan Promosikan Pariwisata

SUNGAILIAT, LASPELA — Bupati Bangka, Mulkan mengalungkan selempang Finalis Bujang Miak Kabupaten Bangka tahun 2023, di rumah dinasnya, Senin (24/7/2023).

Pengalungan selempang dilakukan kepada 10 pasang Bujang Miak Bangka 2023 sebagai pertanda dimulainya tugas sebagai duta wisata di Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka, Rismi Wira Madonna mengatakan, pelaksanaan pemilihan duta wisata ini sebagai upaya peningkatan kapasitan SDM pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kegiatan ini memang menjadi kalender rutin Diparbud Bangka yang masuk dalam fasilitasi pengembangan kompetensi SDM ekonomi kreatif atas pemilihan duata wisata Bujang Miak Kabupaten Bangka tahun 2023,” kata Rismi.

Kegiatan ini, kata Rismi bertujuan untuk mencari talenta muda dan mencari citra teladan generasi muda yang nantinya akan menjadi duta wisata untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Bangka.

“Sasarannya agar para finalis mengetahui dan memahami serta membentuk citra pariwisata dan karakter yang baik sebagai sarana pengembangan potensi bakat, kreatifitas, dan kecerdasan para generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan pariwisata ekonomi kreatif, seni maupun budaya,” ujarnya.

Dia mengatakan, 10 pasang finalis Bujang Miak ini sudah melewati rangkaian seleksi pada Maret kemarin hingga nanti pada puncaknya 3-6 Agustus 2023.

“Mereka sudah masuk karantina, di sana akan mendapat wawasan pengembangan wawasan kepariwisataan hingga malam puncak grand final pemilihan Bujang Miak Bangka 2023,” ucapnya.

Sementara, Bupati Bangka Mulkan mengatakan, tugas pemerintah adalah menfasilitasi kepada seluruh masyarakat bagi yang memiliki bakat serta talenta, di segala bidang.

“Jika tidak difasilitasi pemerintah otomatis tidak memiliki ruang kreatifitas yang menunjang untuk mengasah kemampuan yang ada,” katanya.

“Dari Bujang Miak ini sangat diharapkan pengembangan kreatifitas untuk berprestasi. Karena dari mereka inilah yang akan mempromosikan potensi-potensi pariwisata di Kabupaten Bangka,” tambahnya. (mah)