banner 728x90

KPU Basel Terima Berkas Perbaikan Bacaleg dari 16 Parpol

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

 

TOBOALI, LASPELA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) telah menerima pengajuan perbaikan dokumen Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari partai politik peserta pemilu tahun 2024 mendatang.

banner 325x300

Ketua KPU Bangka Selatan, Muhidin mengungkapkan bahwa pengajuan masa perbaikan yang dimulai dari tanggal 26 Juni sampai 9 Juli 2023 (kemarin) telah disampaikan ke KPU Basel dari 16 parpol.

“Jadi ada 16 partai politik yang mengajukan perbaikan dokumen dari 17 parpol yang mengajukan pada tahap pengajuan awal,” kata Muhidin, Selasa (11/7/2023).

Ia juga menyebutkan, dari jumlah parpol yang telah mengajukan perbaikan, hanya Partai Ummat yang belum mengajukan perbaikan dokumen Bacaleg ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan.

Ia menyebutkan, pihaknya telah menunggu konfirmasi dari Partai Ummat untuk melakukan perbaikan dokumen sampai batas waktu yang telah ditentukan oleh KPU sebelumnya.

“Sampai pukul 23:59 WIB lusa kemarin, partai Ummat belum juga melakukan perbaikan, maka kami tetap mengacu pada pengajuan awal yang akan kami verifikasi nantinya. Kemudian akan kami susun menjadi rancangan daftar calon sementara,” ucapnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya ada 464 total bacaleg dari 17 partai politik yang melakukan pengajuan perbaikan diawal, hanya ada 54 bakal calon yang memenuhi persyaratan, sisanya belum memenuhi syarat.

Ia menilai, bacaleg yang belum memenuhi syarat ini karena masih terkendala dengan surat pengadilan dan surat ijazah yang belum dilegalisir.

“Dalam proses masa pengajuan perbaikan saya rasa tidak ada kesulitan yang terlalu sulit bagi kawan-kawan parpol dalam melengkapi berkas. Hanya saja mereka mengalami sedikit kesulitan untuk legalisir ijazah karena lagi masa liburan sekolah, dan mereka melengkapi kekurangan berkas itu di masa perbaikan,” tukasnya.

KPU belum melakukan verifikasi administrasi perbaikan bakal caleg. Kata dia rencana verifikasi administrasi ini akan dimulai tanggal 10 Juli hingga 10 Agustus 2023.

“Kami punya waktu beberapa minggu untuk verifikasi administrasi, setelah semua sudah terverifikasi lalu kami akan menyampaikan hasilnya kepada partai politik. Kemudian kami melakukan penyusunan rancangan daftar calon sementara (DCS),” pungkasnya. (pra)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version