Kabar Duka, Jemaah Haji Asal Mentok Meninggal Dunia

◾Kata Sang Adik, Niatnya Meninggal di Mekkah

BANGKA BARAT, LASPELA – Jemaah haji asal Kampung Daya Baru (Pal 4), Desa Air Belo, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) atas nama Sarina binti Derakub yang berusia 65 tahun dan tergabung dalam kloter 9 Palembang meninggal dunia. Kasi Penyelanggara Haji dan Umrah, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Barat, Lela Aspani membenarkan kabar duka dari tanah suci tersebut.

Lela menyebutkan, dari laporan yang ia terima, sekitar pukul 11.30 Waktu Arab Saudi (WAS) almarhumah diberikan obat rutin oleh suaminya Rajiman, kemudian mulai kehilangan kesadaran. Sarina sempat diberikan pertolongan, lalu dirujuk ke Rumah Sakit King Faisal, Mekkah dan dinyatakan meninggal dunia pukul 12.50 WAS.

“Awalnya masih bisa bicara, makin lama makin tidak jelas, hingga tidak merespon sekitar pukul 12.05 WAS. Langsung dilakukan RJP 3 siklus + epinefrin lanjut RJP hingga dibawa ke RS King Faisal dan dinyatakan meninggal,” jelasnya via pesan Whatapps, Senin (3/7/2023).

Sementara, pantauan awak media di kediamannya sekitar pukul 18.30 WIB terlihat kerabat, keluarga dan tetangga mendoakan kepergian beliau. Rano, anak kedua dari almarhumah Sarina mengatakan, pihaknya mendapatkan kabar itu sekitar pukul 17.00 WIB. Ibundanya memang sudah sakit, tapi semangat tinggi untuk menunaikan ibadah haji.

“Aturannya 2020 (berangkat haji) tapi karena ada covid tadi tertunda, berangkat sama bapak, emang sudah sakit dari sini. Untuk pemakamannya kita belum tahu seperti apa,” ucapnya saat ditemui di kediamannya.

Terpisah, Jamaludin, adik dari Almarhumah mengatakan, sebelum kakaknya dikabarkan meninggal, sempat minta kirim foto cucunya. Sebelum berangkat, kakaknya juga sudah ada keinginan meninggal di tanah suci.

“Memang sebelum berangkat, dia bilang mau meninggal disana (Mekkah). Dia juga sempat minta foto cucu mau lihat,” ucap Jamaludin kepada awak media.

Sementara, Ketua Pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Bangka Barat, Arsul Sani menyampaikan, almarhumah Sarina sudah menyelesaikan semua rangkaian haji. Ia juga mengatakan, sebelum memanjatkan doa bersama di kediaman almarhumah, juga sempat melaksanakan sholat gaib di masjid setempat.

“Alhamdulillah beliau ini sudah menyelesaikan wukuf di arafah telah selesai dan beliau juga sudah melaksanakan mahbib di musdalifah kemudian beliau juga sudah melaksanakan lempar jumroh bersama jamaah lain tapi memang tadi sebelum jam 12.30 was memang kondisi beliau menurun dan sebelumnya sudah sakit tapi kondisi berangkat baik- baik saja,” katanya. (oka)