Babel Terima Bantuan Sapi Kurban Seberat 1.059 Kilogram dari Presiden RI

PANGKALPINANG, LASPELA – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima bantuan sapi kurban seberat 1.059 kg, dari Presiden RI Joko Widodo. Hal itu terungkap saat penandatanganan berita acara penyerahan bantuan sapi kurban tersebut, yang berlangsung di ruang kerja Gubernur Babel, pada Kamis (22/6/2023).

Penandatanganan berita acara serah terima bantuan sapi kurban dari Presiden RI tersebut, dilakukan oleh Pj Gubernur Babel, Suganda selaku penerima dan perwakilan Tim Kepresidenan, Rika Kiswardani. Terkait hal ini, Suganda mengatakan bahwa bantuan sapi kurban tersebut, merupakan program tahunan Presiden RI, untuk masyarakat di setiap provinsi di Indonesia, termasuk Kepulauan Babel.

“Sapi kurban bantuan dari pak Presiden tahun ini, lebih berat dari tahun kemarin, beratnya 1059 kg. Setelah ini, akan dilakukan tahapan berikutnya, yaitu penyerahan kepada pengurus Masjid yang menerimanya. Terima kasih pak Presiden. Sapi kurban bantuannya telah kami terima dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Suganda mengungkapkan bahwa proses pemotongan sapi kurban bantuan dari Presiden RI tahun ini akan dilakukan di Desa Kace, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Dia berharap, saat prosesi pemotongan usai shalat Iduladha nantinya, sapi kurban bantuan dari Presiden RI tersebut, dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat penerima.

Selain bantuan dari Presiden RI, Pemprov Babel juga memberikan bantuan sapi kurban kepada masyarakat Bumi Serumpun Sebalai. Bantuan sapi kurban tersebut, diungkapkan Suganda, masih dalam proses pendataan. Hal ini dikarenakan sebagian bantuan tersebut merupakan bantuan dari sejumlah perusahaan mitra, yang bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Sampai hari ini sudah ada 7 ekor sapi. Saat ini sedang kita data, nanti kita akan rapat kembali dengan CSR, siapa tahu ada tambahan lagi,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Babel, Edi Romdhoni menyebut bahwa saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak panitia kurban, terkait kasus penyakit mulut dan kuku (PMK), yang diketahui banyak menyerang hewan kurban, seperti sapi ataupun kambing. Pihaknya telah beberapa kali melakukan sosialisasi dengan pihak panitia kurban, melalui kegiatan jurus penyembelihan halal.

“Sapi kurban bantuan dari pak Presiden RI tahun ini, lebih besar dari tahun sebelumnya. Sapinya sehat, karena itu adalah sapi pilihan, yang sudah dipilih oleh tim kepresidenan RI. Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel, hanya memfasilitasinya saja,” kata Edi. (ril/chu)