Dukung Produk Lokal, Pemkab Basel Gelar Sosialisasi & Bimtek TKDN 2023

BANGKA SELATAN, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMINDAG) menggelar kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tahun 2023, di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Selasa, 20 Juni 2023.

Asisten Pembangunan dan Perekonomian, Muhson menyampaikan, beberapa instruksi dan ajakan Presiden Jokowi dalam peningkatan penggunaan TKDN untuk mendukung perekonomian antara lain pada Tahun 2017.

“Pemerintah Daerah ingin agar TKDN ditempatkan sebagai kebijakan strategis yang dijalankan secara konsisten. Dalam evaluasi dan implementasi TKDN Tahun 2020, Presiden Jokowi agar proyek APBN dan stimulus terkait Pandemi Covid 19 menggunakan produk dalam negeri dan TKDN Tahun 2021 gunakan produk dalam negeri, dan gaungkan untuk cintai produk dalam negeri,” ujarnya.

Muhson berharap, kegiatan ini dapat menunjang sekaligus berkontribusi sebagai salah satu penyangga perekonomian nasional. Dia juga berharap para peserta sosialisasi dan Bimtek PKBN Tahun 2023 mendapatkan pengetahuan.

“Minimal tahu tata cara perhitungan TKDN terhadap produk yang dihasilkan serta dapat menumbuhkan kecintaan terhadap produk dalam negeri bagi masyarakat luas dalam rangka mendukung perekonomian nasional,” pungkasnya. (pra)