Animo Bayar Pajak Tinggi, Pemprov akan Bangun Gerai Samsat di Payung

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Badan Keuangan Daerah (Bakuda) mendapatkan hibah sebidang tanah seluas 30×50 meter untuk membangun gerai Samsat di Wilayah Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan.

“Penyerahan sudah dilakukan, dari desa ke bupati kemudian ke gubernur dan diserahkan ke Bakuda, kita berencana akan membangun gerai Samsat di wilayah Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan,” kata Kepala Bakuda Babel, M Haris, Senin (29/5/2023).

Dikatakan Haris, pembangunan rencananya akan dilaksanakan pada tahun depan. Tahun ini di anggaran perubahan pihaknya akan menganggarkan pembuatan DED.

“Insya Allah tahun depan kita usulkan pembangunannya. Lokasinya bersampingan dengan Rumah Sakit Kriopating Payung,” imbuhnya.

Haris menyebutkan, pihaknya menilai animo masyarakatnya termasuk yang paling tinggi membayar pajak kendaraan. Oleh sebabnya, sebagai bentuk apresiasi, Pemprov akan membangun gerai Samsat.

“Bayangkan, dari titik lokasi mereka ke Toboali itu 72 Kilometer. Makanya kita datang dengan program Samling, tapi ke depan akan kita bangun gerai,” ungkapnya.

Dia menambahkan, hadirnya Gerai Samsat nantinya, juga bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat kendati pihaknya sudah menerapkan program jemput bola kepada masyarakat meliputi program Samsat Keliling dan Samsat Setempoh.

“Namun di Payung, kesadaran masyarakat ini membayar pajak ini juga tak lepas dari dukungan perangkat desa dan Pemkab Bangka Selatan,” tutupnya.(chu)