HUT ke-20 Bangka Barat, Marudur Berharap Sinergritas Diperkuat dan Ada Inovasi

Paripurna Istimewa HUT ke -20 Bangka Barat di Gedung Mahligai Betason II DPRD Bangka Barat. (Ist)

MENTOK, LASPELA–  DPRD Kabupaten Bangka Barat menggelar Rapat Paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 20 Kabupaten Bangka Barat, di Gedung Mahligai Betason II DPRD, Rabu (24/5/2023). Rapat paripurna mengangkat tema” Dengan Kebersamaan Kita Wujudkan Bangka Barat Maju, Sejahtera, Dan Bermartabat.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Babar, Marudur Saragih, didampingi Wakil ketua I DPRD, H. Oktoraszari dan Wakil Ketua II DPRD Babar, Miyuni Rohantap. Rapat juga dihadiri Bupati Bangka Barat, Sukirman, Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, seluruh anggota DPRD, Asisten III Bidang Administrasi Umum Provinsi Bangka Belitung, Yunan Helmi serta tamu undangan lainnya.

Acara diisi dengan tarian kemudian pembacaan doa dan menayangkan audio visual dari mulainya terbentuk Kabupaten Bangka Barat 20 tahun silam hingga hari ini, yang dilanjutkan pembacaan sejarah terbentuknya Kabupaten Bangka Barat.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Bangka Barat, Marudur Saragih mengatakan diusia 20 tahun ini, perjalanan Pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Bangka Barat sudah banyak kemajuan yang dirasakan masyarakat.

Walaupun diakui Marudur memang masih banyak kondisi dan permasalahan yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap dinamika di masyarakat.

“Pembangunan di Kabupaten Bangka Barat harus lebih baik lagi lebih kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” ungkap Marudur.

Untuk mencapai target pembangunan di Kabupaten Bangka Barat, Marudur berharap sinergritas Pemerintah Daerah dan Legislatif yang sudah berjalan baik selama ini terus diperkuat.

“Kami berharap sinegritas yang ada kita perkuat kembali, harus ada inovasi kolaborasi, kemandirian daerah ini perlu kita tingkatkan supaya daerah kita ini menjadi daerah yang mandiri tentunya, baik untuk ketahanan pangan kita, inflasi kita sehingga masyarakat kita mendapatkan jaminan kesejahteraan,” ucapnya.

Dia mengatakan, salah satu contoh bentuk kegiatan pangan yakni seperti pasar tani yang digelar pada hari ini.

“Dalam bentuk kegiatan pasar tani ada pemberian kartu tani kepada masyarakat ada juga pemberian bibit unggul durian. Ini simbol awal supaya kita melakukan kerja baru, berinovasi, untuk meningkatkan ketahanan pangan kita , karena ini program nasional yang ada di daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Wabup Bong Ming Ming yang menyampaikan sambutan mewakili Bupati H. Sukirman mengatakan, usia 20 tahun Kabupaten Bangka Barat adalah perjalanan yang cukup panjang dan bukan hal yang singkat dan mudah.

“Kita mengalami pemangkasan anggaran dari pusat, transfer anggaran yang berkurang sehampir 200 miliar hal ini bukanlah hal yang mudah dalam menghadapinya,” ujarnya.

Namun, dikatakan Wabup berkat dukungan DPRD Bangka Barat dan doa masyarakat kata Wabup, salah satu program pemerintah daerah yakni berobat gratis dapat direalisasikan.

Bong Ming Ming juga mengakui saat ini masih banyak hal – hal yang belum difasilitasi, seperti perbaikan jalan dan lain – lain karena keterbatasan anggaran yang masih dihantui defisit.

“Namun bukan berarti berarti kita berhenti untuk membangun daerah yang kita cintai ini. Alhamdulillah kerja sama dengan DPRD selama dua tahun terakhir ini kita masih bisa melakukan banyak hal di tengah keterbatasan anggaran,” ucap, Bong Ming Ming.

Terpisah itu, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemprov Bangka Belitung Yunan Helmi membacakan sambutan Pj. Gubernur Babel mengatakan, Kabupaten Bangka Barat diusianya yang ke-20 tahun telah mengalami banyak kemajuan di berbagai bidang, diantaranya peningkatan jumlah sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan dan fasilitas masyarakat lainnya.

“Saya yakin dengan dukungan seluruh komponen masyarakat dengan asas kebersamaan dan sinergisitas, pembangunan akan terus berjalan dengan lancar,” ucap Yunan.

Mewakili PJ Gubernur, Yunan berharap agar semua elemen penyelenggara pemerintahan selalu belajar dan mempersiapkan diri untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan skala besar bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Bangka Barat.

“Dengan perencanaan pembangunan secara komprehensif dan memiliki kurikulum tahapan pembangunan, dengan senantiasa membangun komitmen tinggi dalam mencapai target yang telah ditetapkan secara bermutu dan akuntabel,” pungkasnya. (Adv/Oka).