Disapu Angin Puting Beliung, Tiga Rumah di Pangkal Niur Rusak

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak tiga unit rumah di Desa Pangkal Niur, Kecamatan Riau Silip rusak akibat tersapu angin puting beliung, Minggu (14/5/2023).

Mendapat informasi tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka, Ridwan langsung menurunkan personelnya guna membantu warga yang terkena dampak akibat bencana alam itu.

“Situasi ini memerlukan tindakan cepat dan tanggap dari BPBD Bangka, sehingga perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengidentifikasi kerusakan yang terjadi dan mengevaluasi tingkat kerusakan rumah warga,” kata Ridwan, Minggu (14/5/2023).

Sebagai tindakan awal, kata Ridwan, BPBD Bangka akan memberikan bantuan darurat seperti dan perlengkapan terpal dan membersihkan puing puing yang berserakan.

Selain itu, BPBD Bangka juga akan mengumpulkan data terkait kerusakan yang terjadi agar dapat menentukan jenis bantuan yang tepat dan diperlukan oleh warga.

“Dalam jangka panjang, BPBD Bangka akan melakukan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi untuk membantu warga yang terdampak bencana memulihkan kehidupan mereka,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dalam menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi di kemudian hari. (mah)