Dorong Wujudkan KEK Pariwisata Lintas Timur Sungailiat, Sandiaga Uno Bakal Temui Menko

SUNGAILIAT, LASPELA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno mengatakan akan terus mendorong mewujudkan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata lintas timur Sungailiat, Bangka.

Pihaknya mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Menteri Koordinator (Menko) terkait mengenai hal tersebut.

“Kita akan usahakan berkoordinasi dengan pak Menko (Menteri koordinator) untuk mengetahui lebih lanjut perkembangan KEK pariwisata di Lintas Timur Sungailiat ini,” kata Sandiaga Uno, di Sungailiat, Sabtu (13/5/2023).

Sebelumnya, Sandiaga Uno juga mengatakan bahwa pariwisata dan pertambangan tidak boleh saling bertabrakan.

Pariwista ke depannya, kata dia, adalah pariwisata berkelanjutan, begitu pula sektor pertambangan harus dilakukan dengan tata kelola yang baik serta mengacu pada green economi.

Dia mencontohkan, Desa wisata yang dimenangkan Desa Perlang, Kabupaten Bangka Tengah pada tahun 2022 lalu. Dimana kelompok sadar wisata (Pokdarwis) masyarakat desa setempat berhasil memanfaatkan dan mengembangkan bekas tambah biji timah menjadi objek wisata yang menarik.

Sementara itu, Bupati Bangka Mulkan mengusulan tindak lanjut perkembangan program KEK Pariwisata Lintas Timur Sungailiat langsung ke Menparekraf Sandiaga Uno karena terhitung dari tahun 2016 lalu sampai sekarang belum terealisasi.

“Kami berharap penuh dengan pemerintah pusat dapat mewujudkan KEK Pariwisata Lintas Timur Sungailiat, karena sejak tahun 2016 sudah dibahas dan dipersiapkan lahan pengembangannya,” kata Mulkan. (mah)