Giliran IKM Olahan Pangan Bateng Dapat Bekal Literasi Digital dari BPJ dan Kemenperin

PANGKALPINANG, LASPELA – Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Bambang Patijaya, konsisten mendukung peningkatan kualitas Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kesempatan duduk di kursi TPR RI itu dimanfaatkan BPJ sapaan akrabnya untuk memberikan manfaat kepada pelaku usaha di Babel dalam bentuk seminar, sosialisasi, pelatihan, pendidikan dan dukungan lainnya untuk kemajuan UMKM serta meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kali ini, seminar peningkatan literasi digital yang ia bawa bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan harapan pelaku usaha juga melek digital dan mampu menangkap peluang usaha yang ada di depan mata.

Tak hanya di satu kabupaten/kota saja, seminar ini hampir merata diikuti pelaku IKM dari berbagai kabupaten/kota. Termasuk calon wirausaha baru IKM Olahan Pangan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

“Disaat itu perekonomian kita babak belur, kesehatan memprihatinkan, tetapi dibalik babak belur itu para wirausaha masih dapat bertahan, bahkan menjadi salah satu penggerak ekonomi kita,” ujarnya ketika menutup seminar peningkatan literasi digital tersebut, Kamis (30/3/2023).

Dengan itu pemerintah ingin memunculkan lagi pelaku usaha baru dengan cara memfasilitasi apa saja yang menjadi persoalan umum bagi pelaku usaha baru.

“Pertama tentu menjadi persoalan klasik ialah permodalan, pemerintah telah menyiapkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR), salah satunya BRI, biasanya BRI karena BRI bisa langsung menyasar ke pedesaan,” ujarnya.

Dengan bertambahnya pelaku usaha, ini akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat. “Roda perekonomian terus berputar dan pertumbuhannya luar biasa,” katanya.

BPJ berharap warga Bateng menyadari potensi diwilayah nya, terlebih di pesisir yang merupakan daerah penghasil ikan.

“Dengan kegiatan ini saya harap, semua yang disampaikan disini menjadi bekal pengetahuan, terutama kepada calon wirausaha,” tutupnya. (dnd)