Tarik Minat Baca, DKPUS Gelar Kegiatan di Gedung Layanan Perpustakaan Setiap Bulan

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS)  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  Rakhmadi  menegaskan, akan digelar kegiatan setiap bulan untuk menarik kunjungan masyarakat ke gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Babel yang berada di Kompleks Perkantoran Pemprov Babel.

“Setiap bulan akan ada event literasi di gedung ini, tujuan pengelolaan dan memberikan layanan dalam mengali manfaatnya, saya minta masyarakat mari bergabung indeks literasi membaca di Bangka Belitung,” ajak Rakhmadi, usai peresmian gedung fasilitas layanan perpustakaan Babel, Rabu (15/3/2023).

Ia menyebutkan, indeks minat membaca di kalangan masyarakat di Babel masih diatas rata-rata, keberadaan gedung ini diharapkan  dapat meningkatkan indeks minat baca. Pihaknya juga mendorong, agar berbagai pihak ikut berpartisipasi dalam meningkatkan indeks minat baca.

“Gedung ini milik kita semua, milik publik, akan digunakan dalam pembelajaran, publik, masyarakat intelektual, tata pelajar, mahasiswa dan organisasi bisa dimanfaatkan,” kata Rakhmadi.

Ia menambahkan, alasan pihaknya mendirikan gedung perpustakaan di wilayah Komplek Perkantoran Pemprov Babel ini  sebagai strategi meningkatkan minat baca.

“Membaca bukan untuk lima tahun, bukan untuk 10 tahun, sampai dengan anak cucu kita. Jadi lapang luas ini kita gunakan, perpustakaan tidak hanya untuk ruang baca tetapi event literasi bisa melibatkan UMKM dan bazar. Dan didirikannya gedung perpustakaan disini sangat strategis, karena hampir semua kegiatan kampus berada di wilayah Komplek Perkantoran Gubernur ini,” jelasnya.

Diketahui, Gedung Perpustakaan Provinsi Babel ini dibangun sejak 25 Juli 2022 lalu. Dana yang digunakan untuk membangun perpustakaan ini sebesar Rp14,5 miliar atau Rp14.551.450.000 yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Reguler Perpustakaan Nasional Indonesia Tahun 2022.

“Saya berharap hadirnya bangunan perpustakaan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dengan segala aktifitasnya nanti. Saya minta kepada seluruh masyarakat mari bergabung kita tingkatkan indeks literasi membaca di Babel,” tutupnya.(chu)